Garis Birama

Garis birama (barline) adalah garis-garis vertikal yang terletak di paranada. Garis ini mempunyai beberapa bentuk dan fungsi.   Selain berfungsi sebagai pembentuk bar- bar  ( ruas-ruas ), garis birama juga  punya fungsi untuk pengulangan. Misalnya mengulang verse dan chorus.  Dalam bahasa yang sering digunakan verse = bait lagu dan chorus =  refrain.  Jika dalam sebuah lagu ada  bait 1 dan bait 2 yang sama persis notasinya atau berbeda sedikit belakangnya, biasanya digunakan barline pengulangan. Lihat gambar di bawah.


gambar barline awal dan akhir terpisah


gambar barline penutup


Gambar paling atas adalah awal dan akhir pengulangan dan bawahnya adalah barline penutup.

Selain itu ada barline akhir dan awal ( barline ganda ) seperti gambar di bawah ini.


gambar barline ganda


Barline di atas digunakan di bagian tengah lagu umumnya,  seringkali disebut sebagai barline ganda. Kegunaan barline akhir dan awal pengulangan adalah untuk mengakhiri pengulangan awal (pengulangan pertama) dan untuk mengawali bar yang akan diulang setelah mengakhiri bar pengulangan  pertama. 

Barline akhir pengulangan ditandai dengan 2 titik begitu juga dengan barline awal pengulangan. Titik barline akhir pengulangan diletakkan sebelum garis tebal ( barline akhir ) dan titik barline awal pengulangan diletakkan sesudah garis tebal ( barline awal ).

Supaya lebih jelas silakan lihat video di bawah. Setelah anda mendengar / melihat video di atas, saya yakin anda mengerti. Perlu diketahui bahwa dalam musik tanda pengulangan hanya berlaku 1 x ( 1 kali ), maksudnya tidak ada barline pengulangan lebih dari 2 kali.



Perhatikan dengan seksama video di atas.

Video pertama untuk gambar paling atas yakni barline awal pengulangan dan akhir pengulangan.

Video kedua (berikutnya) untuk barline akhir dan awal pengulangan ( barline ganda ).

Pada video kedua,  terlihat pengulangan sebanyak 2 x (dua kali),  pengulangan pertama dan pengulangan kedua. Setelah itu berhenti di barline penutup.

Semoga postingan ini berguna.



NB:

Jika ada yang belum jelas, silakan bertanya pada kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab secepatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel