Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Garis Birama

Garis birama (barline) adalah garis-garis vertikal yang terletak di paranada. Garis ini mempunyai beberapa bentuk dan fungsi. Selain berfungsi sebagai pembentuk bar- bar ( ruas-ruas ), garis birama juga; punya fungsi untuk pengulangan. Misalnya mengulang verse dan chorus. Dalam bahasa yang sering digunakan verse = bait lagu dan chorus = refrain. Jika dalam sebuah lagu ada bait 1 dan bait 2 yang sama persis notasinya atau berbeda sedikit belakangnya, biasanya digunakan barline pengulangan. Lihat gambar di bawah.


barline awal dan akhir pengulangan pada not balok


barline akhir pada not balok


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Gambar paling atas adalah awal dan akhir pengulangan dan bawahnya adalah barline penutup. Selain itu ada barline akhir dan awal ( barline ganda ) seperti gambar di bawah ini.


barline ganda pengulangan pada not balok


Barline di atas digunakan di bagian tengah lagu umumnya, seringkali disebut sebagai barline ganda. Kegunaan barline akhir dan awal pengulangan adalah untuk mengakhiri pengulangan awal (pengulangan pertama) dan untuk mengawali bar yang akan diulang setelah mengakhiri bar pengulangan pertama.

Barline akhir pengulangan ditandai dengan 2 titik begitu juga dengan barline awal pengulangan. Titik barline akhir pengulangan diletakkan sebelum garis tebal ( barline akhir ) dan titik barline awal pengulangan diletakkan sesudah garis tebal ( barline awal ).

Supaya lebih jelas silakan lihat video di bawah. Setelah anda mendengar / melihat video, saya yakin anda mengerti. Perlu diketahui bahwa dalam musik tanda pengulangan hanya berlaku 1 x ( 1 kali ), artinya tidak ada barline pengulangan lebih dari 2 kali.



Perhatikan dengan seksama video di atas.

Video pertama untuk gambar paling atas yakni barline awal pengulangan dan akhir pengulangan.

Video kedua (berikutnya) untuk barline akhir dan awal pengulangan ( barline ganda ).

Pada video kedua, terlihat pengulangan sebanyak 2 x (dua kali), pengulangan pertama dan pengulangan kedua. Setelah itu berhenti di barline penutup.

Jika ada yang belum jelas, silakan bertanya pada kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab anda secepatnya.

Semoga postingan ini berguna.


Tag.

Garis birama awal pengulangan, garis birama akhir pengulangan, garis biramaakhir dan awal pengulangan, garis birama penutup.