Membaca Not Balok Not 1/2 dan Not 1/4 ( nada C )

Postingan ini membahas cara membaca not balok not 1/2 dan not 1/4 nada C. Di sini dilengkapi gambar notasi dan audio untuk mendengar notasi, sehingga mudah dipahami.

Pada latihan ini not 1/2 dan not 1/4 digabungkan, lihat notasi di bawah. Bagi anda yang belum tahu cara membaca not, silakan baca dulu tentang  Tempo Musik, Nilai Not dan Tanda Diam, Cara Membaca Not Balok dan  KunciMelodi C. Setelah itu silakan baca notasi di bawah ini.

Klik gambarnya untuk memperbesar


gambar not 1/2 dan 1/4 nada C notasi balok


Tempo 120 di atas adalah 120 BPM ( Beat Per Minute ) artinya ada 120 ketuk dalam 1 menit. Jika tempo 90 artinya ada 90 ketuk dalam 1  menit.

Gunakan metronom untuk membaca notasi di atas. Jika anda belum punya metronom, lihat jarum panjang jam dinding. Dalam 1 bar ada 4 ketuk, setiap ketuk berdurasi 1/2 detik. Jadi not  1/4 berdurasi 1/2 detik, dan not 1/2 berdurasi 1 detik. Setelah anda  bisa, coba mainkan dengan mengikuti musik video di bagian bawah ini.  Sebelumnya, pastikan alat musik anda dalam keadaan standard, 

Jika anda betul memainkannya maka akan terdengar enak, sebaliknya jika salah maka akan terdengar fals / sumbang atau balapan antara melodi dengan musik.

Jika anda merasa  ada sedikit yang kurang enak didengar saat anda memainkan not-not di atas, coba periksa dan perbaiki kekurangannya itu sampai anda merasa pas atau betul. Untuk mengecek anda sudah betul atau belum. Coba bandingkan melodi yang anda mainkan dengan video di bawah ini. 

Didalam video ini ada 2 bagian, bagian ke-1  membaca notasi dan bagian ke-2 untuk mencocokkan sudah betul atau belum.




Bagi  yang ingin bisa membaca not balok, terpenting anda mengerti. Setelah itu baru praktekkan,  jika dalam praktek tidak bisa, artinya anda harus rajin berlatih. Belajar sedikit demi sedikit, misalnya tangga nada C dalam alat musik yang anda bisa. Setelah anda tahu tangga nada C, lalu belajar membaca notasi secara bertahap mulai yang mudah hingga yang sedang.

Di blog ini banyak postingan yang temanya membaca not balok. Satu hal yang paling penting adalah jangan anggap not balok itu sulit. Jika menurut anda sulit, bagian mana yang sulitnya. Silakan anda bertanya di kotak komentar.

Dulu ketika saya sekolah, dalam pikiran "not balok itu sulit" untuk dimengerti. Setelah saya belajar not balok, ternyata not balok itu mudah. Yang sulit dari not balok itu mempraktekkannya, terutama not-not yang cepat. Ini berhubungan dengan menggerakkan jari pada alat musik. Sementara teori not baloknya tentu saja mudah mengerti.
Dalam musik kadang kita tahu atau mengerti tapi tidak bisa mempraktekkannya. Penyebabnya kurang latihan. Jika dilatih terus menerus pasti pada saatnya akan bisa.

Kalau ada yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar. Saya akan berusaha menjawab pertanyaan anda secepatnya.
Semoga postingan ini berguna.



updated Juli 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel