Membaca Not Balok Not 1/2 ( nada C )

Postingan ini membahas cara membaca not balok not 1/2 nada C disertai gambar notasi dan audio untuk mendengar notasi tersebut, sehingga mudah dimengerti.


Bagi anda yang punya alat musik gitar, keyboard, dan alat musik yang tergolong pada treble clef silakan siapkan, dan pastikan alat musik anda dalam keadaan standard. Jika belum standard silakan stem (setel) dulu alat musiknya.

Jika anda sudah siap. silakan praktekkan notasi di bawah ini.
Klik gambarnya untuk memperbesar.


Latihan membaca notasi balok not 1/2 nada dasar c


Bagi anda yang sudah membaca dan mengerti postingan yang berjudul Cara Membaca Not Balok, Nilai Not dan Tanda Diam, Kunci Melodi C  dan  Tempo pastinya anda bisa membaca notasi di atas.

Bagi anda yang belum membaca  postingan tersebut di atas, saya beri  keterangan.
Pada bar ke-1 ada 4 ketuk tanda diam, setiap ketuk berdurasi 1 detik. Pada bar ke-2 not mulai dimainkan, setiap not berdurasi 2 detik. Jadi setiap 2 detik harus pindah not. Gunakan jarum panjang jam dinding untuk penuntun tempo.
Jika cara memainkannya sudah betul, hasilnya akan seperti video di bagian bawah.

Setelah anda bisa memainkan not-not di atas, coba gunakan metronom, dan mainkan dengan tempo 72. Jika anda belum punya metronom, silakan download di Play Store – pakai ponsel android - gratis.
Bagi yang sudah punya metronom, pada bagian beat (ketukan) atur sampai terlihat 4 bulatan dan setel waktunya pada angka 72. Kemudian mainkan not di atas, dimulai  ketukan ke-1 (tanda bulat pertama di metronom), lalu pindahkan not tepat pada bulatan ke-3 aktif di metronom. Jadi yang dimainkan hanya ketukan ke-1 dan ke-3, karena semua not di atas bernilai 1/2 atau 2  ketuk.

Jika sudah bisa tempo 72, lanjutkan latihan dengan tempo 96. Latihan ini penting agar anda terbiasa dengan tempo. 
Kita lanjutkan, tetap menggunakan notasi di atas, tapi temponya dirubah menjadi 120 bpm. Silakan anda setel metronomnya.

Setelah anda bisa membaca not-not di atas dengan benar (tempo 120). Coba anda mainkan lagi dengan cara mengikuti video di bawah ini. Jika anda betul dalam memainkannya, maka akan terdengar enak, tapi jika anda salah tempo maka akan terdengar balapan antara musik di video ini dengan melodi yang anda mainkan. Kemungkinan lain jika anda salah memainkan not maka akan terdengar  fals/sumbang.
Pada video ini saya masukan beat drum dan bas, supaya lebih enak didengar.




Sebenarnya jika anda ingin belajar not balok, belajar sedikit demi sedikit. Misalnya anda belajar nada dasar C saja. Jangan ganti nada dasar, biasakan main pada nada dasar C. Setelah bisa, baru pindah nada lain, misalnya nada G. Selain itu jangan belajar  not yang sulit, belajar not  1/2 dan 1/4 dahulu. Intinya belajar yang mudah. Terpenting anda mengerti, itu yang perlu. Masalah tidak bisa prakteknya, itu masalah nanti. Jika sering berlatih pasti bisa. Istilahnya "Bisa karena biasa".

Jika ada yang kurang jelas atau ingin bertanya tentang cara membaca not balok, silakan bertanya di kotak komentar. Saya akan berusaha menjawab secepatnya.
Semoga postingan ini berguna.


updated Juli 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel