Tanda Sukat / Birama

Tanda sukat atau  birama seringkali disebut ketukan oleh banyak orang.  Mungkin ada istilah lain untuk menyebut tanda sukat ini. Apapun istilahnya yang penting anda mengerti maksudnya. 

Secara bahasa tanda sukat kurang tepat untuk digunakan sebagai birama atau ketukan, karena pengertian tanda sukat tidak tercantum dalam KBBI yang menjadi acuan dan standar kosa kata Indonesia. Dalam KBBI tercantum birama untuk ketukan. 

Pada saat ini tidak ada istilah "tanda sukat" dalam KBBI,  yang ada hanya "sukat" yang berarti :

sukat1/su·kat/ n 1 takaran yang isinya empat gantang: beras lima --; 2 ukuran (panjang, luas, isi); sukatan;

bersukat/ber·su·kat/ v 1 menakar dengan sukat; 2 ditakar dengan sukat- darah, bertimbang daging (dengan), pb berperang mati-matian (dengan); telah penuh sebagai -, pb habis kesabaran; - darah, ki membunuh orang;

menyukat/me·nyu·kat/ v menakar (dengan sukat);- penuh sudah, pb sudah habis kesabaran;

sukatan/su·kat·an/ n ukuran (isi, panjang, atau luas); sukat: di kelas tiga mulai diajarkan -- dan timbangan;-nya sudah penuh, pb sudah sampai ajalnya; duduk dengan -, pb kaya;

penyukat/pe·nyu·kat/ n 1 orang yang menyukat; 2 alat untuk menyukat;

penyukatan/pe·nyu·kat·an/ n proses, cara, perbuatan menyukat;

sesukat/se·su·kat/ num satu sukat;yang - tak akan jadi segantang, pb nasib orang tidak dapat diubah.

Saya menggunakan istilah  tanda sukat karena menghindari persaingan keyword di penelusuran google.

Ada beberapa birama ( time signature ) di dalam musik, ditulis dalam bentuk angka, contohnya 2/4,3/4, 4/4, 5/4, 6/4, 3/8, 6/8, dan lain-lain.  Selain itu di paranada ada yang ditulis berbentuk huruf C, yaitu birama  4/4 dan satu lagi berbentuk huruf C tapi ada garis vertikal di tengahnya, itu birama 2/2 alla breve.

Kali ini yang  dibahas adalah  birama 2/4, 3/4 dan 4/4, pembahasan disertai video / audio sehingga mudah dimengerti. Lebih jelasnya, silakan lihat dan perhatikan video  di bawah ini, semuanya menggunakan tempo 80 BPM.

Didalam video ada 3 macam birama seperti yang disebutkan di atas. Perhatikan perbedaannya.



Birama 2/4 artinya dalam 1 bar ada 2 ketuk , nilai notnya masing-masing 1/4.

Birama 3/4 artinya dalam 1 bar ada 3 ketuk, nilai notnya masing-masing 1/4.

Birama 4/4 artinya dalam 1 bar ada 4 ketuk , nilai notnya masing-masing 1/4.

Tempo 80 BPM ( 80 Beat Per Minute ) artinya didalam 1 menit ada 80 ketuk.

Mengerti birama merupakan hal wajib bagi seorang pemusik, sebab jika tidak tahu  birama maka akan kesulitan ketika memainkan lagu / musik yang memiliki birama tidak umum. Contoh, jika seorang yang tidak mengerti birama, biasanya menggunakan birama 4/4 sebagai birama lagu umum. Jika sebuah lagu biramanya 6/8  atau 5/4, bagaimana cara memainkannya ?

Bagi anda yang baru belajar musik ( gitar  misalnya ), mungkin akan kesulitan melakukan genjrengan sebuah lagu yang biramanya 6/8. Untuk mengerti tanda sukat 6/8, silakan buka  postingan yang berjudul  Tanda Sukat 6/8.

Perlu diketahui bahwa dalam notasi angka birama biasanya ditulis di bagian atas kanan, sedangkan di dalam notasi balok ditulis di paranada bagian depan.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan tentang birama, tulis di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan berusaha menjawab secepatnya.

Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:

Baca juga tanda sukat yang lainnya pada Kategori Teori Musik yang berada di samping kiri halaman ini untuk referensi atau sebagai perbandingan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel