Tuplet ( Pembagi Not )

Tuplet adalah bagian dari musik yang berhubungan dengan  pembagian not. Ada beberapa pembagi not diantaranya :

Duplet  berfungsi  membagi 2 dari sebuah not.

Triplet berfungsi membagi 3 dari sebuah not

Quadruplet berfungsi membagi 4 dari sebuah not

Quintuplet berfungsi membagi 5 dari sebuah not

dan seterusnya.

Saya tidak menuliskan lanjutannya karena jarang dipakai dalam partitur. Yang akan saya bahas adalah duplet, triplet , quadruplet dan quintuplet.  Di antara keempat itu, yang paling sering digunakan adalah triplet. Biasanya dalam  musik jazz sedangkan pada musik lain sangat jarang digunakan.

Contoh duplet dan quadrupet. Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar


Notasi di atas bertanda sukat 3/4 artinya ada 3 ketuk dalam 1 bar.

Pada bar ke-1 sampai bar ke-5 semua not tampak bernilai 1/4, perbedaannya adalah jumlah not pada bar ke-2 ada 2  not, dan pada bar ke-4 ada 4 not.

Pada bar ke-2 ditempati oleh duplet (hanya ada 2 not). Dalam tempo  60 BPM seperti contoh di atas, maka pada bar ke-1 setiap not berdurasi 1 detik, pada bar ke-2 karena pakai duplet, maka setiap not berdurasi 1 ½  detik dan pada bar ke-4 ditempati quadruplet (ada 4 not), berdurasi 0,75 detik setiap not. Supaya lebih jelas putar video di bagian bawah.

Perlu diingat bahwa duplet ini membagi dua sebuah not, maksudnya nilai not berapa pun boleh menggunakan duplet. Jika sebuah not berdurasi 1/2 detik lalu menggunakan duplet maka akan menjadi 1/4 detik untuk setiap not-nya ( 2 not ). Hal seperti ini berlaku juga buat tuplet yang lain,  tentu saja pembagiannya disesuaikan dengan tuplet yang digunakan.

Selanjutnya triplet dan quintuplet. Pada prisnsipnya kedua tuplet ini sama dengan duplet dan quadruplet, lihat gambar :


gambar triplet dan quintuplet


Perhatikan gambar di atas, tanda sukat yang digunakan adalah 4/4, ini untuk menunjukan kegunaan dari  triplet dan quintuplet, tempo 60.

Semua not menggunakan not 1/4 namun pada bar ke-2 ada 1 not dibagi 3 atau pakai triplet. Dalam tempo 60, not itu berdurasi 1 detik dibagi 3 maka hasilnya masing-masing berdurasi 1/3 detik.

Sementara pada bar ke-3 adalah not penuh ( 4 ketuk ) berdurasi 4 detik, kemudian diberi quintuplet hasilnya menjadi 5 not.

Agar lebih jelas silakan putar video di bagian bawah.

Setelah mendengar / melihat video di bawah, anda tentunya mengerti bahwa setiap bar memiliki durasi 4 detik. Walaupun pada bar ke-3 ada 5 not bernilai 1/4 ( itu hanya bentuk notasinya saja). jumlah durasinya tetap 4 detik untuk bar itu.



Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:

Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepat mungkin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel