Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membaca Not Bas Drum

Membaca notasi bas drum dibahas kali ini, pembahasan disertai gambar notasi dan video, sehingga mudah dimengerti.

Bas drum adalah bagian dari drum set yang letaknya di bawah ( depan pemain drum ).

Fungsi bas drum adalah untuk membuat atau menentukan beat ( ketukan ).

Dalam istilah lain bas drum disebut kick.

Pada postingan ini yang saya bahas notasi bas drum pada garis paranada, yang nantinya dapat anda praktekkan secara langsung pakai drum set atau pakai aplikasi / software komputer.

Bagi anda yang belum bisa membaca notasi, silakan membaca dulu postingan yang berjudul : Tempo, Nilai Not dan Tanda Diam, Cara Membaca Not Balok, Cara Membaca Not Drum. Semua itu ada pada label drum dan teori musik yang berada di sebelah kiri halaman ini.

Secara teori not balok piano dengan not balok drum adalah sama. Perbedaannya terletak pada posisi notasinya dan bentuknya ada yang berbeda. Aturan yang lainnya sama, contohnya tempo musik, nilai not, tanda istirahat dan lain sebagainya.

4 Postingan / judul di atas hanya sebagai pendukung untuk mengerti cara membaca bas drum.

Baiklah sekarang lihat notasi bas drum di bawah ini.


gambar notasi bas drum pada not balok


Klik gambar untuk memperbesar.

Keterangan :

Notasi di atas tempo 100 dan tanda sukat 4/4.

Bagi anda yang belum tahu tempo, saya jelaskan sedikit agar anda tidak bolak-balik buka blog. Tempo 100 artinya 100 ketuk dalam 1 menit, istilahnya 100 BPM ( Beat Per Minute ). Jika temponya 110 artinya ada 110 beat ( ketuk ) dalam 1 menit.

Tanda sukat 4/4 artinya bahwa dalam 1 bar memiliki 4 beat ( ketukan ).

Silakan anda praktekkan, gunakan metronom. Jika anda belum punya metronom, download di PLAY STORE – gratis, pakai ponsel android.

Setelah anda praktekkan, coba bandingkan dengan video di bawah ini. Jika sama, artinya sudah bisa.



Pada garis paranada posisi bas drum berada pada spasi ke-1. Penulisan bas drum pada garis paranada sudah seragam (yang saya tahu). Maksudnya di negara manapun not bas drum berada pada spasi ke-1. Sementara itu posisi yang lain seperti tom-tom dan simbal berbeda-beda.

Untuk mempraktekkan notasi tidak harus menggunakan drum asli, bisa dengan cara menginjakkan kaki ke lantai, yang penting temponya betul. Hal yang penting dalam bermain drum adalah menguasai tempo musik. Jadi biasakan menggunakan metronom - itu akan lebih baik.

Postingan ini untuk orang yang baru belajar drum. Inti dari postingan ini adalah belajar menginjak / membunyikan bas drum dengan menggunakan metronom ( belajar tempo ).

Dalam menginjak pedal bas drum umumnya ada 2 cara.

1. Telapak kaki menginjak pedal bas seluruhnya kemudian bunyikan

2. Hanya bagian depan kaki yang menginjak pedal bas ( kaki jinjit ), ini untuk musik yang nge-beat.

Jika ada hal yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepat mungkin.

Semoga postingan ini berguna.