Notasi Tom Tom di Paranada

Postingan ini membahas tentang notasi tom tom drum set pada garis paranada. Ada perbedaan  penulisan untuk tom tom ini ( beda versi ), drummer perlu tahu tentang perbedaan ini.

Tom tom adalah bagian dari drum set. Tom tom biasanya digunakan pada saat perpindahan dari bait  1 (verse 1) ke bait 2, atau dari bait ke chorus (reffrain) atau sebaliknya. Dalam bahasa populernya disebut ropel (fill-in). Boleh dibilang tom tom ini menjadi  isyarat / tanda perpindahan dari bait ke bait dan dari bait ke reffrain. Biasanya perpindahan itu diakhiri dengan memukul  symbal.

Dalam musik tertentu, misalnya reggae, tom tom seringkali digunakan saat bait berlangsung atau saat reffrain berlangsung, maksudnya digunakan seperti layaknya snare drum. Bukan saja dalam musik reggae, kadang lagu-lagu tertentu menggunakan tom tom sebagai variasi beat / ketukan.

Tom tom ini memiliki beberapa versi  dalam penulisannya / penempatannya, mungkin dikarenakan jumlah tom tom yang bertambah.  Dulu dalam drum standar hanya ada 3 tom tom yakni di atas bas drum 2 buah dan di bawah 1 buah. Yang di atas bas drum namanya high tom dan mid tom  sedangkan yang di bawah namanya low tom atau lebih dikenal dengan floor tom. Ini menurut gambar drum set yang saya lihat di sebuah website.

Sudah lama tom tom bertambah, dan saya melihat di website bahwa  low tom bukanlah floor tom. Jadi ada perbedaan dengan versi yang di atas.

Kesimpulannya, ada 2 versi yang berbeda yang saya lihat.

Perbedaan tom tom dalam hal posisi, berdampak juga pada penulisan di garis paranada. Saya sudah melihat beberapa versi  penempatannya, berbeda-beda. Versi yang saya gunakan adalah versi musescore.  Sebagai perbandingan saya tampilkan 3 notasi, notasi paling bawah adalah versi musescore.


perbedaan notasi tom tom di paranada


Klik gambarnya untuk mempebesar.

Gambar di atas ada yang agak buram, semoga anda mengerti. Jika anda perhatikan gambar di atas maka anda akan mendapat kesimpulan yaitu ada perbedaan dalam hal posisinya. Misalnya high tom.

Gambar di atas saya tampilkan sekedar untuk diketahui, tujuannya jika ada orang lain berbeda pendapat tentang penempatan notasi tom tom maka anda tidak harus berdebat, karena sudah tahu permasalahannya.

Memainkan tom tom saat melakukan ropel tidak ada notasi yang favorit. Jika anda ingin tahu bagaimana melakukan ropel, anda bisa melihat  di  youtube.com, atau melihat acara live musik.
Semoga postingan ini berguna.



NB:
Sampai saat ini belum ada penulisan tom tom yang seragam.  Jika anda mengetahui aturan yang sudah seragam atau baru, tolong di-share di sini. Terima kasih sebelumnya.
updated Agustus 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel