Nada A Baca Not Balok 1/2 dan 1/4

Cara membaca notasi balok nada dasar A -  not i 1/2  dan 1/4 yang akan dibahas saat ini. Pembahasan menggunakan gambar dan audio/video sehingga lebih mudah dimengerti.

Di bawah ini adalah notasi 1/4 dan 1/2, birama 4/4, tempo 60.


gambar not balok 1/2 dan 1/4 untuk latihan nada A


Bagi anda yang sudah tahu cara membaca not balok, silakan baca notasi di atas. Bagi anda yang belum tahu, sebaiknya membaca postingan yang berjudul Tempo, Nilai Not Dan Tanda Diam, dan Tangga Nada A.

Sebelum membaca not balok  harus tahu tempo. Notasi di atas bertempo 60 bpm (beat per minute) , artinya dalam 1 menit ada 60 beat (ketukan). Kemudian tahu tanda sukat, untuk notasi di atas tanda sukatnya  4/4, artinya dalam 1 bar (birama) ada 4 ketuk. 

Agar tidak salah dalam membaca notasi di atas,  sebaiknya anda menggunakan metronom. Jika anda tidak punya metronom, anda bisa men-download di PLAY STORE, gunakan ponsel yang bersistem android  – GRATIS. Selain menggunakan metronom,  untuk tempo 60 ini bisa menggunakan jarum panjang jam dinding.

Bagi anda yang memakai metronom, silakan atur metronom anda dengan tempo 60 dan beat 4/4. Setelah itu anda baca notasi di atas.
Bagi anda yang menggunakan jarum panjang jam dinding sebagai alat bantu, sebaiknya menggunakan kaki sebagai alat bantu.  Agar anda bisa membaca notasi tanpa harus melihat jam dinding. 

Untuk not 1/4 , caranya injakan kaki ke lantai lalu angkat, lakukan berulang-ulang sesuai dengan perpindahan jarum panjang jam dinding. Jarak antara injakan kaki pertama dengan injakan kedua harus berdurasi 1 detik, dan injakan kaki kedua dengan injakan berikutnya harus berdurasi 1 detik. Jadi jarak setiap injakan adalah 1 detik. 

Untuk not 1/2, caranya sama dengan not 1/4, bedanya not 1/2 ini bernilai 2 ketuk atau berdurasi 2 detik. Setelah 2 ketuk lalu pindah ke not lain.

Tanda diam / istirahat posisinya di tengah bernilai 1 ketuk.
Tanda diam / istirahat posisinya di akhir bernilai 1 ketuk dan 2 ketuk.

Setelah anda bisa memainkan notasi di atas, coba samakan dengan video di bawah ini.




Jika sudah sama dengan video di atas, artinya anda sudah betul.

Postingan ini saya tujukan terutama bagi yang baru / pemula  belajar not balok. Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar.
Semoga postingan ini bermanfaat.


Updated Juli 2020

Belum ada Komentar untuk "Nada A Baca Not Balok 1/2 dan 1/4"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah 2

Tengah

Iklan Bawah Artikel