Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membaca Not Balok Not 1/2 dan 1/4 Nada Bb

Cara membaca not balok not 1/2 dan not 1/4 nada dasar Bb dibahas saat ini.  Pembahasan menggunakan contoh notasi dan video / audio, sehingga mudah dimengerti.

Bagi anda yang sudah bisa membaca notasi pada nada dasar yang lain, mungkin tidak akan sulit membaca notasi nada dasar  Bb. Namun jika anda belum bisa membaca not balok sebaiknya anda membaca postingan ini terlebih dahulu Tangga Nada Bb (kunci Melodi Bb), Nilai Not dan Tanda Diam dan Tempo Musik.

Silakan lihat contoh not 1/2 di bawah ini dan praktekkan.


Keterangan :

Notasi di atas temponya 120 artinya 120 BPM ( Beat Per Minute ) atau 120 ketuk dalam 1 menit,
dan tanda sukatnya 4/4. Pada tempo 120, not 1/2 itu akan berdurasi 1 detik. Jadi setiap detik pindah not. 

Berikutnya not 1/4, lihat di bawah ini.



Setiap  not 1/4 berdurasi 1/2 detik.  Jadi setiap 1/2 detik not harus pindah,  tanda diam di atas juga bedurasi 1/2 detik.

Sekarang coba baca notasi gabungan di bawah ini, maksudnya gabungan not 1/2 dan 1/4.




Notasi di atas bukan sebuah lagu. Itu hanya notasi yang saya buat. Silakan anda baca, dan jangan lupa atur metronomnya pada tempo 120 dan ketukan 4/4 ( 4 beat ). Bagi anda yang belum punya metronom, silakan download di PLAY STORE – gunakan ponsel  android.
Jika anda sudah membaca notasi di atas dan anda ingin tahu betul atau tidak yang telah anda baca itu, silakan bandingkan dengan video di bawah ini. Jika sama artinya anda sudah betul membacanya.




Jika melodinya belum sama dengan video di atas, silakan anda periksa not mana yang tidak sama. Lalu perbaiki, ulang lagi dari awal sampai anda berhasil.
Semoga anda mengerti.