Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Tab Gitar

Cara membuat tab gitar atau tabulasi gitar dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan contoh notasi sebuah lagu terkenal " Autumn Leaves", ditampilkan hanya versenya saja.

Cara membuat TAB gitar berbeda dengan membuat partitur not balok. Perbedaannya terletak pada posisi not. Dalam TAB gitar not ditulis berdasarkan fret gitar ( posisi ) sedangkan dalam not balok tidak berdasarkan posisi dari sebuah alat musik.

Baiklah saya akan bahas cara membuat TAB, saya ambil contoh verse lagu Autumn Leaves dari Joseph Kosma.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar notasi balok dan tab autumn leaves


Artikel ini bukan untuk yang baru belajar Tab. Jika anda baru / ingin belajar bukalah yang berjudul Mengenal Tab Gitar. ( lihat link di bagian bawah ).

Keterangan :

Pada notasi balok di atas pada bar ke-1 ada notasi A, B, C, dalam tab gitar saya gunakan senar gitar ke-4 dan ke-3 ( lihat notasi di atas dan posisinya )

Pada notasi balok bar ke-2 hanya ada not F, dalam tab gitar saya gunakan senar ke-2 dan bas D (senar ke-5) lalu saya beri ritem ( akor Dm7 ), yang pertama Dm7 not 1/8 dan yang satu lagi Dm7 not 1/4. Pemberian akor ini hanya sekedar pengisi agar enak didengar. Dalam not baloknya tidak ada chord.

Pada notasi balok bar ke-3 saya beri ritem ( akor G7 ) lalu not G, A, B dengan menggunakan senar ke-4 dan ke-3 ( lihat posisinya pada gambar di atas).

Berikutnya bar ke-4 sampai bar ke-9 caranya sama. Jika merasa belum jelas, silakan bertanya di formulir kontak.

Pada bar ke-10 sampai ke-16 saya menyertakan ritem dan sedikit bas sebagai variasi.

Notasi tab gitar di atas adalah bagian cara membuat TAB dasar untuk "fingerstyle". Maksudnya ada melodi, ritem dan bas sebagai dasarnya.

Bagi anda yang tertarik untuk membuat TAB, ada beberapa hal yang wajib anda mengerti, di antaranya tempo musik, tanda sukat, nilai not dan tanda diam, dan simbol-simbol TAB Gitar.

Saya sarankan, membuat TAB yang mudah dulu. Maksud TAB yang mudah adalah TAB yang hanya melodi saja atau ritem saja atau bas saja. Setelah bisa membuat TAB melodi saja misalnya, coba beri ritem atau bas. Intinya membuat TAB sedikit demi sedikit.

Notasi di atas hanya sebuah contoh membuat TAB dengan menggunakan notasi yang sudah ada ( not balok menjadi Tab ).

Membuat TAB bisa juga dengan menggunakan aplikasi / software. Maksudnya lagu dari MP3 kemudian diterjemahkan ke dalam TAB. Tapi cara ini hasilnya tidak maksimal, alasannya karena sampai saat ini belum ada software yang mampu menterjemahkan MP3 menjadi notasi secara akurat.

Jika ingin mendengar notasi di atas, silakan putar video di bawah ini.



Beberapa hal wajib dalam partitur musik adalah ada tempo, birama, dan nilai not. Kalau tidak ada maka tidak akan bisa dibaca dengan benar. Contoh di atas adalah tab gitar yang baik, karena ada temponya, ada biramanya dan ada nilai notnya.

Bagi anda yang sedang belajar tab gitar ( pemula ), postingan lainnya akan menjadi referensi buat anda. Silakan klik judulnya di bawah ini.

Mengenal Tab Gitar

Simbol-simbol Tab Gitar

Cara Membaca Tab Gitar

Catatan : Sesungguhnya penulisan notasi dengan Tab / Tabulasi bisa digunakan untuk banyak alat musik. Namun sekarang ini seringkali dipakai untuk gitar.

Semoga postingan ini bermanfaat.



Tag

Cara membuat tab gitar, belajar tab gitar.