Pola Bas Jalan / Swing

Pola bas jalan atau pattern bas jalan atau rumus bas jalan ( walking bass ) musik swing yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar gitar dan notasi sehingga mudah dimengerti.

Sebelum membahas polanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya :

Do ( 1 ) atau root  bas jalan  selalu menyesuaikan dengan akor .
Contohnya, jika  bas C maka do-nya  atau angka 1-nya adalah C. Jika pindah ke Am maka pada saat di Am do-nya atau angka 1-nya adalah A.  Jadi do-nya bergantung pada akornya.

Bas jalan menggunakan  variasi / pola  sesuai  kunci melodi  akornya
Contohnya, jika akor C mau pindah ke F  variasinya bisa 1 – 3 – 4 ( C – E – F ), tapi jika akornya Cminor maka akan menjadi 1 – b3 – 4 ( C – Eb – F ).

Bas jalan biasanya mengambil variasi bas yang terdekat dengan  akor berikutnya.
Contohnya, Jika kita main akor C mau pindah ke F maka variasinya bisa begini | C – E – G – Gb | F


Sekarang saya bahas polanya.

1.       Pola 1 – 5 – 1 – b5 (  C – G – C – Gb ) biasanya dipakai untuk bas yang ada di bawahnya. Misalnya dari C ke F, lihat gambar di bawah ini

                



2.       Pola 1 – 2 – 3 – 1 ( C – D – E – C )  ini untuk  major. Pola ini bisa divariasikan menjadi  1 – 2 – 3 – tambah 1/2  bas yang akan dituju.  Misalnya bas C pindah ke  A maka menjadi  1 – 2 – 3 – #6 ( C – D – E – A# )  susunan lengkapnya menjadi begini  | C – D – E – A# | A  

3.       Pola 1 – 2 – 3 – 5 ( C – D – E – G ) ini untuk major. Jika C minor akan menjadi  C – D – Eb – G.




4.       Pola 1 – 7 – 6 – 5 ( C – B – A – G ) untuk major . B - A - G di sini adalah bas bagian yang rendahnya. Lihat gambar di bawah ini.



5.       Pola 1 – 3 – 1 – 5 ( C – E – C – G ).

Perlu anda tahu bahwa masih ada pola-pola yang lain. Tapi untuk sementara tidak usah berpikir ingin banyak pola atau variasi.   Terpenting anda mengerti, nanti pun akan bisa bermain dengan banyak pola, asalkan rajin mendengar bas jalan / swing, dan sering mencoba-coba.
Baca juga Membuat Bas Jalan merupakan sebagian besar penerapan pola di atas dengan contoh lagu jazz standard dan penjelasan yang cukup detail.

Yang perlu diperhatikan adalah not-not pembentuk akor, karena not-not  itu adalah  pedoman untuk membuat pola bas jalan.
Untuk  lebih memahami, lihat contoh notasi bas jalan di bawah ini yang merupakan penggalan dari sebuah lagu swing.



Perhatikan not-notnya dan variasi-variasi basnya saat perpindahan akor. Contoh di atas bisa dijadikan referensi untuk lebih mengenal pola bas jalan.
Semoga anda mengerti.



NB:
Baca juga Membuat Bas Jalan Part 2 merupakan penerapan pola bas jalan pada postingan ini dengan menggunakan contoh lagu  jazz standard berjudul " Fly Me To The Moon ".
Dalam postingan itu disertai dengan notasi dan video, sehingga lebih mudah dimengerti. 


Belum ada Komentar untuk "Pola Bas Jalan / Swing"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel