Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Not Angka Ke Not Balok Nada C

Cara menterjemahkan not angka ke not balok nada C atau cara translate not angka menjadi not balok dibahas di sini, menggunakan gambar notasi sehingga mudah dimengerti.

Sebenarnya saya sudah membahas topik ini tapi sepintas. Jika sekarang saya membahas lagi karena banyak pengunjung yang membuka postingan tentang not angka ke not balok. Oleh sebab itu saya akan bahas lebih detail.

Baiklah, lihat gambar tangga C di bawah ini.

Klik gambar untuk memperbesar.



Gambar tangga nada / kunci melodi di atas merupakan pedoman untuk menterjemahkan not angka ke not balok dalam nada dasar C. Untuk nada dasar C maka C mewakili not Do ( 1 ), D mewakili not Re ( 2 ), E mewakili not Mi ( 3 ) dan seterusnya. Lihat notasi angka di bawah huruf.

Keterangan :

Dalam not balok garis ke-1 di paranada adalah nada E, garis ke-2 nada G dan seterusnya (permanen). Jadi main dalam nada dasar G atau nada dasar apapun, garis ke-1 tetap nada E. Dengan kata lain garis paranada itu tidak berubah.

Jika not angka diterjemahkan ke not balok, maka garis paranada itu menjadi berubah bagi not angka. Misalnya dalam Nada C (not angka), garis ke-1 di paranada adalah mi ( E ), jika nada dasarnya D (not angka) garis ke-1 paranada itu menjadi re.

Intinya dalam notasi balok tidak mengenal angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Dengan kata lain bahwa secara teori not balok dan not angka itu tidak sama dalam hal posisi not.

Baiklah kita lihat lagu Ibu Kita Kartini dari not angka ke not balok, di bawah ini.



Lihat notasi angka di atas.

Pertama ada garis ||: artinya tanda awal pengulangan. Di dalam not balok pun tandanya sama seperti itu. Baca postingan yang berjudul Garis Bar / Barline, jika anda ingin tahu lebih detail.

Bar ke-1 pada partitur not angka ada angka 1 bernilai 1 ½ ketuk, kemudian ada angka 2 dengan nilai ½ ketuk. Lalu angka 3 dan 4 masing-masing bernilai 1 ketuk. Angka 1 itu bernilai 1 ½ ketuk karena ada tanda titik di depannya dan di atas tanda titik itu ada garis pembagi not. Jika tidak ada garis pembagi not maka nilainya menjadi 2 ketuk.

Untuk menterjemahkan bar ke-1 anda lihat kunci melodi nada C gambar paling atas. Lalu lihat notasi balok lagu Ibu Kita Kartini.

Saya memulai not 1 atau not Do pada not angka. Dalam notasi balok not 1 = C terletak di bagian bawah garis paranada. Jadi tinggal tempatkan not 1 itu di tempat not C pada garis paranada. Jika not 1 itu di atasnya ada 1 titik maka ditempatkannya di spasi ke-3 karena itu oktaf lebih tinggi.

Di depan not 1 ( not angka ) ada tanda titik (.), arti titik dalam not angka dan not balok adalah sama, fungsinya memberi nilai not dari not yang sebelumnya. Contohnya jika not 1 ( do ) durasinya 1 detik lalu not itu diberi titik (.), maka not itu durasinya menjadi 2 detik. Dalam kasus di atas baik not angka maupun not balok bertambah durasinya ½ detik karena ada tanda not pembagi.

Berikutnya not 2 ( re ) bernilai ½ ketuk karena ada garis pembagi. Dalam not angka dan not balok bahwa tanda garis memiliki arti yang sama yakni sebagai pembagi not. Tempatkan not Re itu di bagian bawah garis paranada not D.

Berikutnya not 3 dan 4 ( mi dan fa ) masing-masing bernilai 1 ketuk. Lihat tangga nada C, lalu tempatkan not 3 pada garis paling bawah ( not E ) dan not 4 ( fa ) pada spasi pertama atau di atas garis not E. Dalam notasi balok not 1 ketuk tidak diberi bendera. Not ½ ketuk diberi 1 bendera.

Pada bar ke-2 tidak beda jauh dengan bar ke-1, bedanya ada tanda titik (.) di belakang atau ketukan keempat, artinya not sebelum titik menjadi 2 ketuk. Dalam not balok ditandai dengan gambar not tanpa warna hitam disebut not 1/2.

Pada bar ke-3 ada tanda titik di atas angka 1 artinya itu not Do lebih tinggi 1 oktaf. Dalam not balok tempatkan not 1 ( do ) itu pada spasi ke-3 karena lebih tinggi 1 oktaf.

Pada bar ke-4 ada tanda titik (.) 3 buah, artinya not Sol ( 5) bernilai 4 ketuk (not penuh). Dalam not balok ditandai dengan bulatan saja tanpa warna hitam dan tanpa garis. Tempatkan not 5 itu pada garis kedua paranada ( not G ).

Kita loncat ke bar 8, karena bar ke-5 sampai ke-7 pasti anda sudah tahu. Pada bar ke-8 ada tanda :|| artinya tanda akhir pengulangan. Jadi lagu itu dimainkan 2 kali, mulai dari tanda awal pengulangan sampai tanda akhir pengulangan. Setelah itu masuk bar berikutnya yang ada kata Wahai Ibu Kita Kartini.

Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Not Angka Ke Not Balok Nada C"