Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menu Notes Pada Musescore

Saya akan membahas menu Notes yang saya tahu. Jika saya belum tahu, silakan anda buka menu help lalu pilih Online Handbook. Di sana anda tinggal cari yang anda inginkan.

Ada 7 submenu didalam menu Notes itu yaitu Note Input, Respell Pitches, Add Note, Add Interval, Tuplets, Transpose dan Concert Picth.

Note Input ( N )

Untuk memasukkan not secara langsung. Jika note input aktif anda bisa menulis not dengan cara mengetik huruf dan bisa juga dengan cara meng-klik kursor ke tempat notasi yang anda inginkan. Selain itu anda bisa membuat akor. Jika note input tidak aktif maka tidak akan bisa membuat akor, karena not tidak bisa bertumpuk jika note input tidak aktif.

Respell Pitches

Saya tidak tahu maksud menu ini.

Add Note

Ada huruf C sampai B dan di sebelahnya ada huruf C sampai B juga. Artinya bahwa untuk menulis not C maka yang harus diketik adalah huruf C. Begitu juga untuk not yang lain lakukan hal yang sama, misalnya not D maka harus ketik huruf D.

Di bawahnya ada Add C sampai Add B dan di sampingnya ada Shift + C sampai Shift + B. Artinya untuk menambahkan not C ke not yang aktif, caranya tekan Shift + C. Hasilnya menjadi 2 not pada beat (ketukan) yang sama. Cara ini bisa untuk membuat akor. Jika kita mau menambahkan not B maka kita tinggal tekan tombol Shift + B.


Add Interval

Dalam submenu itu ada tulisan seperti di bawah ini

unison Above sampingnya Alt + 1 artinya tambah not yang sama (setingkat).

Second Above sampingnya Alt + 2 artinya tambah 1 not di atasnya. Jika not awalnya C maka akan ditambahkan di atasnya not D.

Third Above sampingnya Alt + 3 artinya tambah 1 not jaraknya 2 not di atasnya. Jika not awalnya C maka akan ditambahkan not E.

Untuk yang lainnya urutannya seperti di atas.

Di bawah itu ada submenu

Second Below artinya tambahkan 1 not di bawahnya. Jika awalnya C maka akan ditambah not B.

Third Below artinya tambahkan 2 not di bawahnya. Jika awalnya not C maka akan ditambah not A.

Untuk yang lainnya sama seperti di atas, tinggal diurutkan saja.


Tuplets

Adalah tentang membagi not. Submenu dari tuplets sebagai berikut,

Duplet (Ctrl + 2) artinya membagi sebuah not menjadi 2 not. Jika not itu nilainya 1/4 maka akan menjadi not 1/8 sebanyak 2 buah.

Triplet (Ctrl + 3) artinya membagi sebuah not menjadi 3 not. Jika not itu nilainya 1/4 maka akan menjadi not 1/4 dibagi 3 (menjadi 3 buah not dengan jumlah nilai not = 1/4 not ).

Quadruplet (Ctrl + 4) artinya membagi sebuah not menjadi 4 not.

Berikutnya tinggal anda lihat pada daftar submenu.


Transpose

Adalah untuk merubah nada dasar. Misalnya ketika anda membuat lagu nada dasarnya C kemudian ingin dirubah menjadi nada dasar G. Maka pilih submenu ini, lalu akan muncul kotak Transpose. Pada kotak itu klik kotak yang ada tulisan C major / A minor, lalu pilih nada dasar yang anda inginkan dan jangan lupa klik OK yang di bawah.

Syarat untuk merubah nada dasar adalah lembar musik harus dipilih dulu / di-blok. Tekan Ctrl A untuk memilih / mem-blok semua bar.

Concert Picth

Saya belum tahu maksud dari menu ini. Secara bahasa artinya nada konser. Mungkinkah ini untuk aransemen seperti konser ?

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Menu Notes Pada Musescore"