Aransemen Bossa Nova Ayam Den Lapeh

Membuat aransemen lagu Ayam Den Lapeh dengan menggunakan aransemen musik bossa nova. Aransemen dibuat dengan sederhana  supaya mudah dimengerti oleh yang baru belajar.

Lagu Ayam Den Lapeh diciptakan oleh  A. Hamid.  
Di bawah ini adalah notasi balok lagu tersebut.


notasi untuk aransemen ayam den lapeh

  
Kemudian saya beri ritem (chords), bas dan perkusi (hi-hat closed, snare drum, bas drum, dan claves). Jadinya seperti di bawah ini.


gambar contoh aransemen ayam den lapeh


Perlu anda tahu bahwa saya membuat aransemen di atas  mengambil notasi (sebagian besar)  dari postingan saya waktu lalu. Misalnya ketukan drum bossa nova, saya ambil dari Kategori Drum di sebelah samping begitu juga yang lainnya.

Sebelumnya saya pernah memposting tentang drum, bas gitar, ritem, dan lainnya sebagai penunjang untuk membuat musik seperti di bawah ini. Tujuannya agar mudah membuat musik dengan aplikasi musescore. Jika anda tidak tahu tentang beat drum maka anda bisa melihat postingan tentang drum. Di dalam postingan itu terdapat contoh-contoh drum dari beberapa jenis musik. Jadi anda tinggal copy paste  maka anda akan mudah membuat musik menggunakan musescore.

Jika anda ingin mendengar aransemen di atas, silakan klik video dibawah ini.




Notasi di atas hanyalah aransemen dasar.  Masih banyak yang harus ditambah, misalnya intro, interlude, outro/ending ( bagian akhir). Selain itu belum diberi variasi melodi, drum, dan lainnya.
Perlu anda tahu bahwa dalam musik bossa nova akornya harus  jazzy, tapi saya tidak merubah akor di atas. Contoh akor jazzy misalnya akor C dirubah menjadi CM7 atau CM9.
Tujuan saya, anda bisa membuat aransemen sederhana dulu, nanti berlanjut ke aransemen yang agak dalam, tapi jika aransemen musescore ini sedikit penggemarnya, mungkin saya tidak akan melanjutkan tentang aransemen lebih mendalam.    
Semoga anda menyukai tema ini.



Catatan :
Artikel ini di-update pada tanggal 8 April 2019.

Belum ada Komentar untuk "Aransemen Bossa Nova Ayam Den Lapeh "

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel