Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aransemen Bossa Nova Ayam Den Lapeh

Membuat aransemen lagu Ayam Den Lapeh dengan menggunakan aransemen musik bossa nova. Aransemen dibuat dengan sederhana supaya mudah dimengerti oleh yang baru belajar.

Lagu Ayam Den Lapeh diciptakan oleh A. Hamid. Lagu ini berasal dari daerah Sumatera Barat. Baiklah kita lihat penggalan dari aransemen lagu tersebut.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar notasi penggalan lagu bossa nova


Perlu anda tahu bahwa saya membuat aransemen di atas mengambil notasi (sebagian besar) dari postingan saya waktu lalu. Misalnya ketukan drum bossa nova, saya ambil dari Kategori Drum di sebelah samping begitu juga yang lainnya.

Sebelumnya saya pernah memposting tentang drum, bas gitar, ritem, dan lainnya sebagai penunjang untuk membuat musik seperti di bawah ini. Tujuannya agar mudah membuat musik dengan aplikasi musescore. Jika anda tidak tahu tentang beat drum maka anda bisa melihat postingan tentang drum. Di dalam postingan itu terdapat contoh-contoh drum dari beberapa jenis musik. Jadi anda tinggal copy paste maka anda akan mudah membuat musik menggunakan musescore.

Jika anda ingin mendengar aransemen di atas dengan lengkap, silakan lihat video dibawah ini.



Notasi dalam video hanyalah aransemen dasar. Masih banyak yang harus ditambah, misalnya intro, interlude, outro/ending ( bagian akhir). Selain itu belum diberi variasi melodi, drum, dan lainnya.

Perlu anda tahu bahwa dalam musik bossa nova akornya harus jazzy, tapi saya tidak merubah akor di atas. Contoh akor jazzy misalnya akor C dirubah menjadi CM7 atau CM9.

Tujuan saya, membuat aransemen sederhana dulu, nanti berlanjut ke aransemen yang agak dalam, tapi jika aransemen musescore ini sedikit penggemarnya, mungkin saya tidak akan melanjutkannya.

Semoga postingan ini bermanfaat.