Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aransemen Musik Country Ampar Ampar Pisang

Membuat aransemen musik country lagu Ampar Ampar Pisang pakai software gratisan Musescore. Aransemen musik dibuat dengan sangat sederhana supaya lebih mudah dimengerti.

Lagu Ampar Ampar Pisang adalah lagu dari Kalimantan Selatan yang diciptakan oleh Hamiedhan A.C. Baiklah kita lihat penggalan lagunya dalam notasi balok.

Klik gambar untuk memperbesar.


gambar notasi penggalan lagu ampar ampar pisang


Keterangan :

Baris ke-1 adalah melodi lagu Ampar Ampar Pisang

Baris ke-2 adalah ritem yang merupakan petikan gitar musik country (sederhana)

Baris ke-3 adalah bas musik country diambil dari postingan bas country (Kategori Bas di samping).

Baris ke-4 dan ke-5 adalah snare drum dan bas drum, diambil dari postingan (Kategori Drum di samping). Di sana biramanya 4/4, disini disesuaikan menjadi 2/4.

Untuk mendengar aransemen lebih lengkap, silakan klik video di bawah ini.



Notasi di atas hanya aransemen dasar (kerangkanya saja), untuk menjadi aransemen yang komplit dibutuhkan tambahan misalnya intro, interlude, dan outro/ending (bagian akhir).

Selain itu perlu bumbu misalnya sisipan (variasi) melodi untuk memperindah aransemen, variasi akor, fill in (ropel) drum, dan tentu saja membutuhkan variasi lain juga tambahan alat musik.

Inti dari postingan ini adalah agar anda yang belum bisa bikin musik, dapat membuat musik dengan cara melihat postingan saya yang waktu lalu, tentang drum, bas dan ritem (ada di samping kiri). Tentunya ini untuk anda yang sudah punya dasar musik.

Setelah anda mengerti musik dasarnya, maka anda tinggal melanjutkannya.

Semoga postingan ini bermanfaat.