Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fingerstyle Musik Reggae

Kali ini saya akan membahas bermain gitar fingerstyle musik reggae. Walaupun musik reggae kurang penggemarnya dibanding musik rock dan pop, namun musik reggae ini punya rasa tersendiri.

Dalam musik reggae ada bagian yang penting atau ciri khas.

Pertama :

Ritem atau genjrengan musik reggae jatuh tidak tepat pada ketukannya. Maksudnya dibunyikan setelah 1/2 ketuk (dalam not angka) atau setelah 1/8 not dalam not balok ( birama 4/4 ). Lihat notasi dan videonya supaya mengerti yang saya maksud.

Kedua :

Bas drum musik reggae jatuh pada ketukan ganjil dan genap, tergantung pada aransemen musik. Seringkali bas drum musik reggae jatuh pada ketukan genap. Sementara bas drum musik lain umumnya jatuh pada ketukan ganjil. Yang dimaksud ketukan ganjil dan genap adalah jika dalam 1 bar ada 4 ketuk, maka hitungan ketukannya 1, 2, 3, 4. Bilangan ganjil dan genap ini yang saya maksud.

Dari 2 ciri khas di atas lalu saya mengambil ritemnya dan bas drum ketukan genap. Hasilnya seperti di bawah ini. Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar notasi ritem reggae not balok


Suara dari notasi di atas seperti di bawah ini.



Jika sudah bisa memainkan dasarnya, tinggal pilih lagu yang cocok dan gabungkan. Ketika bermain fingerstyle musik reggae, usahakan ritem dan ketukan bas drum jangan hilang.

Sebagai contoh, saya mainkan lagu O Ina Ni Keke versenya saja, silakan klik.



Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Fingerstyle Musik Reggae"