Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tangga Nada E ( Not Angka )

Tangga nada E ( kunci melodi E ) notasi angka yang dibahas kali ini. Dilengkapi dengan gambar keyboard dan gitar sebagai penunjang.

Notasi angka adalah notasi yang paling digemari di Indonesia. Oleh sebab itu saya begitu tertarik untuk membahasnya. Pada bagian ini yang akan saya bahas adalah kunci melodi atau solmisasinya.

Pada penulisan notasi angka, nada dasar tidak mempengaruhi notasi lagu. Artinya kalau ada lagu yang menggunakan nada dasar E lalu diubah menjadi nada dasar B maka notasinya tetap. Bagian yang berubah hanya keterangan di atas lagu, misalnya Do = E atau Do = B. Tetapi jika notasi itu diterapkan pada alat musik maka akan berubah tempatnya. Kesimpulannya hanya berbeda jika diterapkan pada alat musik, semua alat musik yang memiliki fasilitas melodi.

Tangga nada E ini sangat penting untuk bermain musik. Jika anda akan memainkan melodi lagu dengan nada dasar E tangga nada ini dibutuhkan asalkan lagunya yang menggunakan tangga nada diatonik. Selain itu tangga nada ini bisa digunakan sebagai pedoman untuk bermain improvisasi melodi. Selebihnya bisa saja tangga nada ini untuk membuat lagu dan lainnya.

Dalam teori musik not Do itu memiliki 2 nada yaitu major dan minor. Misalnya pada sebuah lagu ada tulisan Do = E, lagu itu belum tentu dimulai dari E, bisa saja dimulai dari minor. Untuk nada dasar E minornya adalah C#m. Cara menentukan minor adalah nada major dikurangi 1 1/2 nada. Contoh lain jika mencari minor nada F maka F kurangi 1 1/2 nada, hasilnya D tambahkan minor. Jadi untuk F major, minornya adalah D minor.

Di bawah ini adalah kunci melodi / tangga nada A pada alat musik keyboard dan gitar.


gambar piano dan gitar tangga nada e pada not angka


Lihat not Do di bawah ( keyboard ), posisinya berada pada tuts E, artinya notasi itu bernada dasar E. Dengan kata lain bahwa not Do itu bisa dijadikan sebagai petunjuk untuk mengetahui nada dasar.

Jika ada yang kurang jelas silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepat mungkin.

Semoga postingan ini bermanfaat.