Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jembatan Chord / Chord Penghubung

Jembatan chord ( Bridge Chord ) atau chord penghubung merupakan chord sisipan di antara 2 chords. Fungsinya untuk memperindah musik. Frank Bridge yang pertama kali mengenalkannya.

Banyak orang yang mencari rumus bridge chord atau formula bridge chord / jembatan chord, namun sampai sekarang belum ada rumus jitu untuk jembatan chord ini.

Pada postingan kali ini saya membahas jembatan chord berdasarkan pengalaman. Maksudnya jembatan chord yang sering saya mainkan. Contohnya seperti gambar di bawah ini.


gambar chord jembatan atau chord penghubung


Lihat gambar di atas,

Ketika C akan ke Am dalam lagu lambat enaknya diberi jembatan Em7 namun jika lagunya cepat enak pakai Em supaya tidak ribet pegang chordnya.

Ketika C akan ke Dm gunakan jembatan A7 atau A saja.

Ketika C akan ke F gunakan jembatan C7 atau Gm

Ketika C akan ke G gunakan jembatan Dm atau Dm7.

Semua jembatan chord di atas merupakan jembatan chord yang paling sering dipakai pemain musik.

Pertanyaannya : kenapa C ke Em tidak ada dan C ke Bdim tidak ada ?

Bukankah susunan C atau famili chord dari C adalah C – Dm – Em – F – G – Am – Bdim ?.

C ke Em harusnya menggunakan Bdim7 namun dalam musik pop chord Bdim7 ini termasuk “tidak biasa”. Kalau dalam musik jazz ketika nada dasar C kemudian mau ke Em, pakai Bdim7 enak. Namun dalam musik pop “ tidak enak” jika pakai Bdim7.

C ke Bdim tidak ada, karena dalammusik pop Bdim ini sangat jarang digunakan jika nada dasarnya C. Suara Bdim terdengar “tidak enak”, sementara pemusik mencari yang enak atau harmonis. Sebenarnya masalah enak atau tidak enak adalah masalah selera. Andai kita sering mendengar lagu yang menggunakan Bdim, pastinya Bdim itu akan disebut biasa dan enak suaranya.

Sekarang coba perhatikan gambar jembatan chord di atas, jembatan chord itu posisinya selalu berada pada tingkat ke-5 dari chord tujuan. Contohnya jika C tujuannya Dm maka jembatannya A. Jika D tingkat 1 maka tingkat 5-nya adalah A, hitungannya D, E, F, G, A.

Dalam bas gitar posisi chord jembatan berada di atas chord tujuan. Contohnya jika chord tujuan Dm maka jembatannya A karena posisi A berada di atas chord Dm.

Contoh lain jika C ke F jembatannya C7 karena di atas bas F ada bas C, tinggal diberi 7.

Jika menghitung tingkat kelima dari F adalah F, G, A, B, C jadi C tingkat ke-5 dari F.

Seringkali jembatan chord diberi 7, bisa major 7 atau minor 7.

Selain chord jembatan di atas, dalam nada dasar C ada chord lain ( famili chord ) yang juga sering menggunakan chord jembatan diantaranya,

Ketika Am akan ke F menggunakan chord jembatan G.

Ini hal yang menarik karena chord G ini bisa menjadi jembatan sekaligus bisa menjadi passing chord.

Satu hal yang perlu diingat bahwa tidak semua jembatan chord bisa digunakan pada lagu. Ada dimana sebuah lagu tidak perlu diberi jembatan chord, namun ada juga yang perlu. Singkat kata tergantung lagunya. Jadi jembatan chords ini harus dipakai di saat yang tepat. Sifatnya tidak wajib.

Semoga postingan ini berguna bagi anda.