Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Not Angka Lagu

Cara membuat not angka lagu, maksudnya membuat not angka dari lagu yang kita dengar. Postingan ini terutama bagi anda yang sudah punya dasar musik atau anda yang sekedar ingin tahu.

Banyak orang yang mahir membuat not angka atau not balok dari lagu yang didengar. Mungkin mereka bisa membuat notasi kurang dari 1 jam ( sudah jadi ). Namun saya tidak demikian karena ilmu saya belum sampai ke situ.

Postingan ini ditujukan untuk yang mau / baru belajar membuat not angka dari lagu, singkatnya untuk tingkat pemula. Kita berbagi pengalaman dan berbagi ilmu di blog ini.

Langkah-langkah dalam membuat not angka atau not balok sebuah lagu adalah

Ke-1, harus hapal melodi lagu itu, hapal dengan liriknya akan lebih baik.

Ke-2, cari melodi lagu pakai alat musik kemudian tulis pada kertas, juga liriknya.

Ke-3, beri garis bar agar notasi itu ada bar-nya.

Ke-4, beri nilai not dan tanda diam, dan lainnya ( misalnya slur jika ada )


Keterangan :

Langkah ke-1 harus betul-betul hapal melodinya agar tidak salah saat mencari not pakai alat musik.

Langkah ke-2 tulis melodi lagu per kalimat beserta liriknya.

Langkah ke-3 memberi garis bar atau membuat notasi itu memiliki bar.

Dalam lagu pasti ada ( bagian awal ) not yang masuk bersamaan dengan pengiring atau chord. Sebelum not itu beri garis bar dan mulai dari not itu hitung ketukan. Misalnya lagu ketukan 4/4 maka setiap 4 ketuk beri garis bar, lirik lagu bisa dijadikan pendukung untuk memberi garis bar. Mungkin masih belum terbayang, bagaimana bisa tahu kalau lagu yang kita dengar ketukannya 4/4 ? Ketika menghitung ketukan bar dari not awal, jika perpindahan chord tidak tepat 4 ketuk artinya lagu itu bukan ketukan 4/4. Pada umumnya ketukan 4/4 itu perpindahan chordnya kelipatan 2, misalnya pada ketukan ke-3, ke-5, ke-7 dan seterusnya. Selain 4/4, ketukan 2/4 pun memiliki perpindahan chords seperti ketukan 4/4. Perbedaannya lagu cepat cenderung 2/4 sedangkan lagu lambat 4/4. Namun lagu cepat pun banyak yang 4/4. Jika begitu, dengar beat drum-nya. Umumnya beat drum ketukan 2/4 variasinya bas drum dan snare drum bergantian. Sementara 4/4 memiliki banyak variasi ketukan drum. Namun 4/4 juga ada yang menggunakan bas drum dan snare drum bergantian seperti ketukan 2/4. Jadi tempo lagu dan beat drum bisa menjadi pembeda kedua ketukan itu. Selebihnya harus punya pengalaman agar bisa membedakan kedua ketukan tersebut.

Ke-4 memberi nilai not dan tanda diam ini bisa dilakukan dengan menggunakan ketukan tangan atau kaki. Jika kita menggunakan ketukan kaki, ketika kaki menginjak lantai maka itu not ke-1, ke-2, ke-3 atau ke-4 ( dalam ketukan 4/4). Jika suara not itu ketika kaki berada di atas artinya itu not 1/2 ketuk. Jika suara not berada di antara lantai dan kaki di atas artinya itu not 1/4 ketuk. Dalam lagu not 1/8 ketuk jarang dipakai kecuali dalam musik tertentu misalnya hip hop, EDM dan lainnya.

Baiklah sekarang saya ambil lagu “Sajojo” sebagai contoh lagu, diambil bagian depannya ( verse ) seperti gambar di bawah ini.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar lagu sajojo bikin notasi lagu


Lihat keterangan : langkah ke-3 di atas, kalimatnya begini “Dalam lagu pasti ada ( bagian awal ) not yang masuk bersamaan dengan pengiring atau chord. Sebelum not itu beri garis bar dan mulai dari not itu hitung ketukan.“

Pada lagu sajojo bagian awal begini, Sa | Jo Jo . . | kira-kira begitu ilustrasinya. Jadi kata Jo pertama ini adalah chord masuk. Dari sinilah mulai dihitung ketukan.

Setelah tahap ke-3 maka masuklah tahap ke-4, yakni pemberian nilai not dan tanda diam. Dalam memberi nilai not dan tanda diam, saya tidak persis mengikuti video. Alasannya video itu belum tentu bersumber dari notasi orsinil lagu Sajojo. Pasalnya saya pernah mendengar lagu Sajojo bagian bawah yang agak berbeda dengan video yang saya jadikan referensi ini. Namun bukan bagian bawah yang ada pada gambar di sini, yang ini kan verse ( bait ), yang beda itu chorus-nya.

Baiklah kita lihat video dari notasi di atas. Perhatikan nilai not-nya.



Jika anda ingin tahu lagu lengkapnya, silakan buka kategori Kumpulan Lagu Daerah di samping ini.

Semoga postingan ini berguna.