Chord Substitusi

Chord substitusi atau akor substitusi  adalah chord pengganti, di sini dibahas dengan menggunakan contoh notasi dan video / audio sehingga mudah dimengerti.

Biasanya arranger  atau musisi yang  cukup handal seringkali menggunakan chord pengganti, terutama dalam genre musik jazz.  Mereka  berusaha mencari chord pengganti yang mantap. Oleh sebab itu chords jazz seringkali terdengar  “miring” dan sangat berbeda dengan chords umum.

Didalam musik pop juga dikenal chord substitusi. Pada umumnya pemakaian chord pengganti  ini agar  tidak monoton sekaligus harmonis.  Lalu bagaimana caranya mencari chord pengganti ?
Saya belum pernah menemukan rumus baku dari  chord pengganti, namun jika anda mau belajar chord  pengganti  tentunnya anda harus tahu not pembentuk chord. Contohnya chord C memiliki notasi pembentuk  C, E G atau do, mi, sol  ( 1, 3, 5 ). Setelah tahu tentang  itu kemudian harus tahu  Famili Chord, maksudnya chords yang berhubungan dengan nada dasar tersebut.  Contoh  Famili Chord dari C adalah Dm, Em, F, G, Am dan Bdim. 

Kalau anda sudah tahu banyak tentang chord dan not pembentuknya, anda bisa belajar  sendiri  atau mencari sendiri chord substitusi dari not yang ada pada lagu. Misalnya dalam sebuah bar terdapat not 1 ( do ) bernilai 1 ketuk dan tanda diam 1 ketuk dalam birama 4/4,  mungkin orang menggunakan chord C jika nada dasarnya C. 
Sebenarnya  tidak harus chord C, itu bisa saja diganti dengan chord Am atau F, bergantung pada not sebelumnya dan selera. Mungkin bisa diganti oleh Am, mungkin bisa diganti oleh F. Dalam hal ini Am dan F bisa dijadikan  chord pengganti dari C. Alasannya karena Am juga punya not pembentuk do, susunan Am adalah 6, 1, 3 dan F punya not pembentuk do, chord F adalah 4, 6, 1. Dengan kata lain dari 3 chords ( C, F, Am ) ada not yang dimiliki oleh ketiga chords tersebut yaitu not do. Jadi  kalau mau menggunakan chord pengganti  harus tahu notasi lagu yang bersangkutan. 

Sebagai contoh sederhana chord substitusi / akor pengganti  bisa dilihat di bawah ini.

C diganti oleh Em atau Am
Dm diganti oleh F atau Bb
Em diganti oleh G atau C
F diganti oleh Am atau Dm
G diganti oleh Bm atau Em
Am diganti oleh C atau F

Sebenarnya belum komplit, tapi sudah cukup untuk yang sedang belajar  chord pengganti.  Coba praktekkan chord pengganti di atas dalam nada dasar C. Cari lagu yang anda suka.
Tidak semua chord substitusi di atas bisa dipakai, karena jika tidak sesuai dengan notasi lagu akan mengakibatkan fals atau tidak masuk. Jadi anda harus pintar-pintar melihat notasi lagu (sesuaikan dengan notasi lagu). Misalnya jika chord C baiknya diganti oleh Em atau Am atau jangan diganti. 

Supaya anda mendapat gambaran tentang chords pengganti, di bawah ini adalah penggalan notasi lagu Ibu Kartini disertai chord yang biasa digunakan.



Jika anda ingin mendengar  suaranya, silakan mainkan video di bawah ini.



Berikutnya chords di atas saya rubah seperti pada gambar di bawah ini.



Perhatikan :
Pada gambar 1,  ada 2 bar hanya menggunakan chord C 
Pada gambar 2,  kedua bar itu diberi 3 chords yakni Em, Gm dan C7. 
Ketiga chords itu adalah chord pengganti dan chord jembatan.
Sebaiknya kita dengar chords tersebut, silakan putar video di bawah ini.



Semoga anda mengerti.

Belum ada Komentar untuk "Chord Substitusi"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel