Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Not Angka Dari Lagu MIDI

Cara membuat not angka dari lagu MIDI yang dibahas kali ini. Maksudnya membuat not angka dari lagu yang berformat MIDI atau file MIDI.

Jika anda punya kesulitan membuat not angka dengan cara langsung mendengar lagunya dari CD atau media lain, cara yang terbaik adalah cari file MIDI dari lagu yang ingin anda buat not angkanya. Di internet banyak lagu yang format MIDI, misalnya lagu dangdut, lagu pop, dan lagu luar negeri.

Setelah anda menemukan lagu yang anda sukai dalam file MIDI, selanjutnya buka file MIDI itu dengan sofware musescore. Perlu anda tahu bahwa musescore adalah software gratisan yang memiliki kemampuan pro dalam hal menulis partitur ( sheet music ).

Anda bisa download di url ini musescore.org

Setelah anda download dan install di komputer atau laptop, buka software itu. Pilih menu FILE kemudian pilih OPEN ( tinggal buka file MIDI ).

File MIDI itu berupa not balok. Jadi anda akan melihat lembar partitur dari lagu tersebut dalam notasi balok. Bukan saja melodi lagunya yang bisa anda lihat tapi semua alat musik juga bisa. Bagi orang yang ingin belajar beat drum atau bas gitar sebenarnya bisa belajar dari contoh file MIDI.

Setelah anda punya notasi balok dari lagu itu, satu langkah lagi yang harus anda lakukan, ada 2 pilihan,

Ke-1, anda terjemahkan not balok ke not angka ( manual ).

Ke-2, anda gunakan sofware agar dapat menterjemahkan not balok ke not angka dengan mudah.

Jika anda ambil pilihan ke-1 ( terjemahkan sendiri dari not balok ke not angka ) sebaiknya ganti dulu nada dasar yang notasi balok ke nada dasar C, dalam nada dasar C akan lebih mudah karena tidak harus memperhatikan tanda kres atau mol ( Key Signature ).

Caranya :

Tekan Ctrl A artinya semua lembar partitur dalam keadaaan di blok.Setelah itu pilih menu NOTES lalu pilih TRANSPOSE. Pada bagian kiri pilih C Major lalu tekan OK.

Sampai disini lembar partitur dalam keadaan nada dasar C, selanjutnya tinggal anda terjemahkan.

Untuk Cara ke-2

Setelah anda punya musescore lalu download plugin untuk not angka ( gratis ) di

https://github.com/sirsoweird/jianpu-plugin

Setelah itu untuk windows

masukan jianpu-plugin-master ( nama file yang telah didownload dalam bentuk winrarZIP archive )

ke folder C/ Program File/Musescore/plugin.

Setelah ada didalam folder plugin, file harus di-extract. Jika belum tahu caranya sorot file itu lalu klik kanan pada mouse. Kemudian pilih extract.

Sampai di sini berati musescore anda sudah memiliki plugin jianpu. Anda tinggal mengaktifkan.

Caranya buka musescore, lalu pilih menu Plugin lalu pilih Plugin Manager, dalam tampilan itu beri tanda centang di depan Jianpu. Selesai.

Cara menggunakannya.

Setelah not balok yang anda buka ada di layar musescore.

Anda tinggal pilih Plugin lalu pilih Jianpu lalu pilih OK maka secara otomatis di atas not balok ada not angka. Sebelum menekan Ok anda bisa mengatur posisi dan ukurannya.

Kelemahan dari jianpu ini banyak, diantaranya.

Hanya bisa menggunakan 1 paranada jika ada 2 paranada misalnya melodi dan bas, maka yang akan dikonversi hanya 1 paranada paling atas.

Garis lengkung ( legato ) tidak bisa dikonversi.

Garis not 1/2 ketuk berada di bawah

dan lain-lain.

Meskipun begitu, jianpu tetap berguna karena dia mampu menterjemahkan not balok menjadi not angka. Hanya simbol-simbol dari not balok tidak bisa dikonversi semuanya.

Jika anda belum paham cara instalasinya

Lihat tutorialnya di youtube dengan url

https://www.youtube.com/watch?v=hnYEX0XpSLA

Jika anda masih belum bisa meng-install atau menggunakan jianpu atau jika anda punya kesulitan pada bagian tertentu, silakan bertanya di kotak komentar. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepat mungkin.

Semoga postingan ini berguna.