Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Jenis Vokal

Cara mengetahui jenis vocal / suara anda termasuk kategori / jenis apa, bisa diketahui dengan menggunakan alat musik atau oleh seorang yang sudah kompeten dalam hal suara.

Ada orang yang berkata untuk menentukan jenis vocal itu mudah, saat dia bicara saja sudah bisa diketahui. Ini sebuah pemahaman yang keliru. Pasalnya ada penyanyi pria yang ketika bicara suaranya biasa-biasa saja ( suara sedang ) tapi ketika bernyanyi ternyata suaranya countertenor. Saya berani mengatakan ini karena saya punya teman yang seperti itu.

Cara yang terbaik untuk mengetahui jenis vocal adalah dengan menggunakan alat musik. Pasalnya klasifikasi jenis vocal merujuk pada range suara yang berhubungan dengan notasi. Oleh sebab itu harus tahu notasi / pedoman range suara.


Suara wanita dewasa

Soprano ( Sopran ) artinya suara tinggi wanita, range suara ( C4 – C6 ).

Mezzo-soprano ( Mezosopran ) artinya suara sedang wanita, range suara ( A3 – A5 ).

Contralto ( Alto ) artinya suara rendah wanita, range suara ( F3 – F5 ).

Dalam alat musik keyboard seperti di bawah ini.;

Klik gambarnya untuk memperbesar.



Keterangan :

Arti soprano range suara ( C4 – C6 ).

C4 artinya C = nada C dan 4 = oktaf ke-4

Soprano diwakili oleh garis berwarna hijau yang dimulai dari C oktaf ke-4 sampai C oktaf ke-6.

Mezzo-soprano diwakili oleh garis berwarna biru dimulai dari A oktaf ke-3 sampai A oktaf ke-5.

Contralto ( alto ) diwakili oleh garis warna coklat dimulai dari F oktaf ke-3 sampai F oktaf ke-5.


Untuk jenis suara pria dewasa, silakan lihar gambar di bawah ini.



Keterangan :

Counter tenor adalah suara pria lebih tinggi dari tenor, range suara ( E3 – E5 ). Artinya diawali oleh nada E oktaf ke-3 sampai nada E oktaf ke-5.

Tenor adalah suara tinggi pria, range suara ( C3 – C5 ).

Baritone ( bariton ) adalah suara sedang pria, range suara ( A2 – A4 ).

Bass( Bas ) adalah suara rendah pria, range suara ( E2 – E-4 ).


Setelah tahu pedomannya, hal yang harus dilakukan adalah anda menyanyi diiringi oleh piano atau keyboard. Tapi yang main keyboard harus yang tahu musik, punya feeling dan tahu pedoman di atas.

Cari lagu yang ada notasinya atau anda cari tinggi dan rendahnya lagu tersebut. Orang yang bisa musik pasti mudah mencari nada rendah dan tinggi lagu.

Mulailah anda menyanyi dengan nada awal disesuaikan dengan oktaf. Misalnya anda menyanyi dimulai dengan not dari oktaf ke-4. Setelah anda menyanyi anda bisa merasakan harus dinaikkan atau diturunkan lagu yang dinyanyikan itu. Dengan cara dicoba dan dicoba lagi maka anda akan mencapai nada yang anda tidak kuat. Sampai di sini anda tinggal hitung berapa range suara anda.

Cara kedua adalah anda sebutkan solmisasi misalnya mulai dari oktaf 2 lalu oktaf 3 sampai anda tidak kuat. Cara ini lebih mudah karena hanya menyebutkan solmisasi mengikuti suara tuts keyboard. Dari sini nanti anda akan tidak kuat menyebut solmisasi, misalnya pada oktaf ke-5. Dari situlah anda tinggal hitung, berapa range suara anda dan anda termasuk kategori apa.

Kedua cara di atas bukan hanya nada tingggi yang anda uji tapi nada rendahnya juga, saya tidak detail menjelaskan karena gambar di atas sudah cukup menjelaskan. Selain kedua cara di atas, mungkin ada lagi cara yang lain. Misalnya dengan cara bertanya pada orang yang ahli dalam bidang vocal. Mungkin mereka ( ahli ) tidak butuh alat musik untuk mengetahui jenis vocal anda. Mungkin juga pakai aplikasi.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Jenis Vokal"