Kumpulan Lagu Daerah Papua


Lagu Daerah Provinsi Papua yang dipostingkan pada halaman ini hanya yang terkenal. Mungkin ada beberapa lagu yang menurut anda terkenal namun tidak tercantum di sini. Artinya saya belum tahu kalau lagu itu terkenal.

Sebelum membahas lagu daerahnya,  saya akan tampilkan dulu lokasi / posisi  Provinsi Papua dan Papua Barat dalam peta. Papua asalnya hanya 1 provinsi namun dibagi menjadi 2 provinsi. Pertama Provinsi Papua dan Kedua Provinsi Papua Barat. Nanti Papua akan dibagi lagi masih dalam rencana. Bagi anak sekolah yang belum tahu posisinya, silakan lihat peta di bawah ini. 




Lagu Daerah Papua di sini gabungan antara Papua dengan Papua Barat. Sengaja digabung karena saya tidak tahu lagu dari Papua yang mana dan lagu dari Papua Barat. Lagipula lagu ini sudah ada sejak lama.

Baiklah saya akan bahas lagu daerahnya berdasarkan hasil penelusuran yang saya lakukan di website/blog dan youtube. Jika berbeda pendapat dengan anda, maklumi saja. Pasalnya setiap orang memiliki pendapat masing-masing. 

Di bawah ini ada judul  lagu, jika judul lagu tidak ada liriknya, anda tinggal klik judulnya maka akan masuk ke halaman lagu itu yang berisi not angka, not balok, chords dan melodi  lagu itu dalam video. Dengan kata lain lebih lengkap untuk dimainkan pakai alat musik.
Jika di bawah judul lagu ada liriknya artinya lagu tersebut tidak ada notasinya. Jadi hanya ada liriknya saja di sini.


Lagu ini menceritakan tentang seorang cucu yang pamitan kepada kakek dan neneknya. Si cucu akan pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri.  Ini sebuah lagu  perpisahan sementara yang membawa kesedihan.

Belum ada referensi untuk terjemahan lagu ini.

Lagu ini berlatar belakang  seorang ayah yang kehilangan anak. Sudah dicari ke sana kemari dengan susah payah. Akhirnya si anak ditemukan di tengah hutan. Betapa senang sang ayah kemudian mengadakan pesta sebagai ucapan syukur.  Lirik lagu ini sepeti sebuah panggilan kepada anaknya. Sangat sedikit liriknya, silakan klik saja judul di atas.

Menurut seseorang yang berasal  Papua, lagu ini menceritakan seorang wanita cantik yang disukai oleh banyak pria.

Lagu ini menceritakan tentang pejuang yang gugur di medan perang, sebagai pahlawan.


Lagu Rasine Ma Rasine

Yakondo arfak bonbekaki
Yamambe mansinam swani wanda
Yaswar murabe ayena
Rars syabo soren ya dawasi

Yakondo arfak bonbekaki
Yamambe mansinam swani wanda
Yaswar murabe ayena
Rars syabo soren ya dawasi

Swania ibrin ido
Mgari yena nadai Ro Sneri
Ayaine Awak Monda
Manseiso Nari Bemam Aya

Rasine Ma Rasine
Mboi Meser Ido Rosai Sonari
Yakan Be Robeyan


Sekian lagu daerah dari Provinsi Papua dan Papua Barat, jika nanti saya menemukan lagu daerah terkenal akan saya tambahkan di sini.
Semoga anda menyukai lagu daerah dari Provinsi Papua dan Papua Barat.



NB:
Jika ada penulisan kata yang salah atau pemenggalan kata yang salah, mohon dimaklumi. Lagu daerah memang sulit bagi orang lain.
Jika lirik lagu berbeda dengan yang anda tahu artinya lagu itu berbeda versi. Kadangkala lagu daerah berbeda lirik.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Lagu Daerah Papua"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah 2

Tengah

Iklan Bawah Artikel