Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Lagu Daerah Papua

Lagu Daerah Provinsi Papua yang dipostingkan pada halaman ini hanya yang terkenal. Mungkin ada beberapa lagu yang menurut anda terkenal namun tidak tercantum di sini. Artinya saya belum tahu kalau lagu itu terkenal.

Sebelum membahas lagu daerahnya, saya akan tampilkan dulu lokasi / posisi Provinsi Papua dan Papua Barat dalam peta. Papua asalnya hanya 1 provinsi namun dibagi menjadi 2 provinsi. Pertama Provinsi Papua dan Kedua Provinsi Papua Barat. Nanti Papua akan dibagi lagi masih dalam rencana. Bagi anak sekolah yang belum tahu posisinya, silakan lihat peta di bawah ini.


lagu daerah dari provinsi papua semua


Lagu Daerah Papua di sini gabungan antara Papua dengan Papua Barat. Sengaja digabung karena saya tidak tahu lagu dari Papua yang mana dan lagu dari Papua Barat. Lagipula lagu ini sudah ada sejak lama.

Baiklah saya akan bahas lagu daerahnya berdasarkan hasil penelusuran yang saya lakukan di website/blog dan youtube. Jika berbeda pendapat dengan anda, maklumi saja. Pasalnya setiap orang memiliki pendapat masing-masing.

Di bawah ini ada judul lagu, jika judul lagu tidak ada liriknya artinya not angka dan not balok lagu tersebut berada di blog ini. Jika anda ingin tahu tinggal klik label Not Angka Lagu Daerah yang berada di sebelah kiri halaman ini.


Lagu Apuse

Lagu ini menceritakan tentang seorang cucu yang pamitan kepada kakek dan neneknya. Si cucu akan pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri. Ini sebuah lagu perpisahan sementara yang membawa kesedihan.


Lagu Diru Diru Nina

Belum ada referensi untuk terjemahan lagu ini.


Lagu E Mambo Simbo

Lagu ini berlatar belakang seorang ayah yang kehilangan anak. Sudah dicari ke sana kemari dengan susah payah. Akhirnya si anak ditemukan di tengah hutan. Betapa senang sang ayah kemudian mengadakan pesta sebagai ucapan syukur. Lirik lagu ini sepeti sebuah panggilan kepada anaknya. Sangat sedikit liriknya, silakan klik saja judul di atas.


Lagu Sajojo

Menurut seseorang yang berasal Papua, lagu ini menceritakan seorang wanita cantik yang disukai oleh banyak pria.


Lagu Yamko Rambe Yamko

Lagu ini menceritakan tentang pejuang yang gugur di medan perang, sebagai pahlawan.



Lagu Rasine Ma Rasine


Yakondo arfak bonbekaki

Yamambe mansinam swani wanda

Yaswar murabe ayena

Rars syabo soren ya dawasi


Yakondo arfak bonbekaki

Yamambe mansinam swani wanda

Yaswar murabe ayena

Rars syabo soren ya dawasi


Swania ibrin ido

Mgari yena nadai Ro Sneri

Ayaine Awak Monda

Manseiso Nari Bemam Aya


Rasine Ma Rasine

Mboi Meser Ido Rosai Sonari

Yakan Be Robeyan


Sekian lagu daerah dari Provinsi Papua dan Papua Barat, jika nanti saya menemukan lagu daerah terkenal akan saya tambahkan di sini.

Semoga anda menyukai lagu daerah dari Provinsi Papua dan Papua Barat.



NB:

Jika ada penulisan kata yang salah atau pemenggalan kata yang salah, mohon dimaklumi. Lagu daerah memang sulit bagi orang lain.

Jika lirik lagu berbeda dengan yang anda tahu artinya lagu itu berbeda versi. Kadangkala lagu daerah berbeda lirik.