Cara Membaca Not Balok

Cara membaca not balok ( belajar membaca not balok ) di sini menggunakan gambar notasi dan audio / video untuk mendengar notasi tersebut sehingga mudah dimengerti.

Sebelum membaca postingan ini, bagi anda yang sama sekali belum tahu tentang not balok sebaiknya anda membaca dulu 3 tema berikut yaitu Tangga Nada (Kunci Melodi C), Nilai Not dan Tanda Diam dan Tempo Musik  supaya lebih mudah mengerti bagian ini.

Contoh : Cara membaca not balok ketukan 4/4, tempo 60 (60 BPM) artinya 60 ketuk dalam 1 menit.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar notasi balok contoh


Pada bar ke-1 adalah notasi  C, D, C, D dengan msing-masing bernilai 1/4 not, pada bar ke-2 ada notasi C, D, C,D dengan masing-masing bernilai 1/8 not dan berikutnya notasi C, D, C, D  dengan masing-masing not bernilai 1/16 not.

Kita baca bar ke-1 dengan menggunakan kaki dan jam dinding sebagai alat bantu.
Perlu diingat, ini menggunakan tempo 60.


gambar baca ketukan not 1/4

Injakkan kaki ke lantai lalu angkat ke atas. Injakan kaki pertama ke injakan kaki kedua durasinya 1 detik. Begitu juga pada injakan  berikutnya berdurasi 1 detik. Injakan sesuaikan dengan perpindahan jarum panjang jam dinding.

Mulai :
Saat kaki menginjak lantai tekan not C  lalu kaki angkat dan injak lagi lantai  tekan not D. Jarak waktu antara injakan lantai pertama (not C) dan kedua (not D) harus berdurasi 1 detik.
Kesimpulannya,  perpindahan not C ke D harus berdurasi 1 detik. Lalu not D ke C juga harus berdurasi 1 detik. Dengan kata lain bulatan warna hijau ke warna hijau durasinya 1 detik.

Selanjutnya Bar ke-2 dengan masing-masing not bernilai not 1/8.  Pada nilai not 1/8 artinya not itu memiliki durasi 1/2 detik.

Perpindahan dari not C ke not D harus berdurasi 1/2 detik dan not D ke C juga harus 1/2 detik.


gambar baca ketukan not 1/8

Caranya begini :
Saat kaki menginjak lantai, tekan not C, lalu angkat kaki ke atas, saat posisi kaki paling atas tekan not D. Lalu kaki ke bawah menginjak lantai  lagi  tekan not C lalu angkat lagi tekan D.
Perpindahan dari not C ke not D dan sebaliknya harus berdurasi 1/2 detik. Dengan kata lain jarak injakan kaki di lantai dengan kaki posisi paling atas harus bernilai 1/2 detik. Bulatan warna hijau sebagai patokan untuk membunyikan.

Untuk not C, D, C, D dengan nilai 1/16 not, prosesnya begini :


gambar baca ketukan not 1/16

Ketika kaki menginjak lantai tekan not C lalu tekan not D saat kaki berada di tengah-tengah antara lantai dan posisi kaki paling atas. Lalu tekan not C saat kaki berada di posisi paling atas, lalu tekan D saat kaki berada di tengah-tengah antara kaki  posisi paling atas dan lantai. Durasi antara not C ke D dan not D ke C harus 1/4 detik. Bulatan warna hijau sebagai patokan untuk membunyikan.

Jika semua notasi dipraktekkan maka hasilnya akan seperti video di bawah ini :





Sebenarnya alat untuk tempo bukan jam dinding tapi metronom. Jika anda ingin punya metronom digital gratisan, silakan download  di PLAY STORE – gunakan ponsel android. Perlu anda tahu bahwa jam dinding tidak bisa digunakan untuk tempo yang lain, seperti tempo 72, 96 dan sebagainya. Dengan kata lain jam dinding hanya bisa digunakan untuk tempo 60 saja.

Untuk not 1/32 durasinya 1/8 detik dan not 1/64 durasinya 1/16 detik.

Banyak orang  mengatakan "not balok itu sulit", kalau memang sulit kenapa banyak orang yang bisa not balok ?
Sesungguhnya yang dibutuhkan dalam belajar musik adalah kesabaran dan rajin berlatih. Pasalnya, belajar musik membutuhkan proses yang cukup lama.

Jangan menyerah ketika anda tidak bisa, sebaiknya bertanyalah kepada orang yang bisa ketika anda tidak bisa.
Semoga postingan ini berguna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel