Tempo Musik

Tempo dalam musik adalah yang menentukan lambat atau cepatnya sebuah lagu atau musik.  Di sini dibahas menggunakan gambar dan audio sehingga mudah dimengerti.

Dalam sebuah lagu pasti ada tempo, dalam sebuah aransemen musik pasti ada tempo. Tempo menjadi bagian yang sangat penting dalam musik. Bahkan dengan melihat tempo  kita bisa tahu lagu itu sedih atau gembira tanpa kenal lagunya.

Contohnya, jika sebuah lagu temponya 60 pasti lagu itu merupakan lagu melow atau sedih, harus dinyanyikan dengan penuh perasaan. Namun jika sebuah lagu bertempo di atas 140 BPM ke atas maka itu merupakan lagu yang riang gembira, pasti musiknya enak untuk bergoyang.

Tempo memang sangat penting dalam bermain musik, jika tidak memperhatikan tempo saat bermain musik, sudah pasti musiknya tidak enak didengar atau berantakan. Oleh sebab itu jika ingin menjadi pemain musik yang handal harus mengerti tempo.

Dahulu tempo sebuah lagu ditulis dalam bentuk huruf, misalnya andante, allegro, moderato. Sekarang umumnya ditulis dengan angka, misalnya  Tempo 72. Pengertian 72 di sini adalah 72 BPM = Beat Per Minute artinya dalam 1 menit ada 72 beat atau ketuk.

Tempo biasanya ditulis di bagian atas lagu sebelah kanan, baik dalam notasi angka maupun notasi balok. Namun jika ditulis sebelah kiri pun sebenarnya tidak apa-apa. Namun sebaiknya menggunakan cara yang sudah biasa dipakai oleh banyak orang atau yang umum.

Untuk belajar tempo, kita butuh alat bantu yaitu alat pengukur/penentu tempo, namanya metronom. Lihat gambar metronom di bawah ini.


gambar metronom


Perlu diketahui, saat ini metronom sudah banyak bentuknya,  mungkin sudah ratusan. Jika anda ingin belajar menggunakan metronom, download pakai Ponsel Android di PLAY STORE – Gratis.

Selanjutnya, agar lebih mengerti tempo, klik video di bawah ini.



Video di atas adalah contoh tempo 60 artinya 60 ketuk per menit dengan birama 4/4 (4 ketuk dalam 1 bar). Jika anda perhatikan semua bar,  jumlahnya ada 15 bar, setiap bar memiliki 4 ketuk berdurasi 4 detik.  1 ketuk = 1 detik. Video akan berakhir dalam 60 detik. Untuk mengerti hal ini  pakai metronom, atur tempo ke angka 60, beat 4. Jika tidak ada metronom, pakai  jam dinding. 

Contoh lain, jika di dalam lagu tertulis tempo 80, artinya ada 80 ketuk dalam 1 menit. Ini akan lebih cepat sedikit dari tempo 60.

Seringkali orang yang bermain musik sama sekali tidak tahu metronom atau tempo, mereka umumnya yang belajar musik secara autodidak, atau belajar musik dari temannya yang juga autodidak. Belajar seperti itu tidak masalah jika anda belajar musik hanya sebagai hobi pengisi waktu. Tapi jika anda ingin belajar musik dengan baik, apalagi ingin menjadi musisi profesional - saya sarankan biasakan menggunakan metronom dan perhatikan tempo lagu.

Jika belajar tempo, gunakan tempo yang lambat dulu, misalnya tempo 60. Jika sudah bisa gunakan tempo 70 dan seterusnya. Tidak usah ganti lagu ketika ganti tempo, lagunya tetap namun temponya yang diubah. 

Semoga postingan ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel