Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda Dinamika Musik

Tanda dinamika musik atau simbol dinamika ( lambang dinamika ) disertai video / audio, sehingga anda bisa langsung mendengar tanda dinamika tersebut.

Pengertian dinamika atau arti dinamika adalah lembut / kerasnya suara musik atau lagu. Fungsi dari dinamika adalah untuk memperindah suara sehingga terdengar hidup dan enak didengar.

Ada beberapa tanda / istilah dalam dinamika sebagai berikut :

p (piano) pengertiannya lembut

pp (pianissimo) pengertiannya sangat lembut

ppp (pianississimo) pengertiannya sangat sangat lembut

mp (mezzo-piano) pengertiannya setengah lembut

f (forte) pengertiannya keras

ff (fortissimo) pengertiannya sangat keras

fff (fortississimo) pengertiannya sangat sangat keras

mf (mezzo-forte) pengertiannya setengah keras

Sebenarnya susunan yang baik adalah ppp – pp – p – mp – mf – f – ff – fff (mulai dari yang sangat-sangat lembut sampai yang sangat-sangat keras), namun di atas saya susun seperti itu biar mudah dihapal. Untuk memahami pengertian di atas, sebaiknya lihat contoh dinamika dalam notasi balok di bawah.

Klik gambarnya untuk memperbesar.



Tanda dinamika ditempatkan/ditulis di bawah not yang akan diberi dinamika.

Pada bar ke-1, not pertama diberi tanda p (piano), artinya not pertama itu dimainkan dengan lembut dan not berikutnya akan dimainkan dengan lembut juga, karena tidak ada tanda dinamika yang lain.

Pada bar ke-2, ada tanda pp (pianissimo) artinya pada bar itu suaranya akan lebih lembut daripada bar ke-1. Pada bar-bar berikutnya, saya anggap anda sudah mengerti.

Tanda dinamika sifatnya memberikan dinamika pada not awal (yang ditandai) dan not berikutnya akan terpengaruh oleh not awal itu. Misalkan not awal diberi tanda pp (pianissimo), maka not berikutnya akan pianissimo juga. Sifatnya tidak dibatasi oleh not dan tidak dibatasi oleh bar. Jadi untuk merubah not yang ditandai oleh tanda dinamika maka harus diberi tanda dinamika yang lain.

Contoh lain, jika pada bar ke-1 not pertama diberi pp (pianissimo), dan not ketiga diberi mp (mezzo-piano), maka not ke-1 dan ke-2 adalah pp dan mulai not ke-3 adalah mp, dan akan terus berlanjut mp pada not-not berikutnya tanpa batas jika tidak ada tanda dinamika yang lain.

Supaya lebih jelas, dengarkan suara tanda dinamika notasi di atas, silakan putar videonya.



Setelah mendengar video di atas, mungkin anda bisa memperkirakan berapa perbandingan lembut dan keras antara tanda-tanda dinamika itu. Sebaiknya gunakan alat pengeras agar anda bisa mendengarkan dengan jelas suara yang ada dalam video di atas.

Selain itu ada tanda crescendo dilambangkan seperti ini ( < ), penulisannya di bawah garis paranada. Crescendo adalah suara makin lama makin keras. Kebalikan dari crescendo adalah decrescendo dilambangkan seperti ini ( > ). Decrescendo artinya suara makin lama makin lembut.

Sekedar cerita di waktu lalu.

Saya pernah menonton acara lomba menyanyi di sebuah televisi swasta, Saat itu salah seorang juri berkomentar kepada seorang peserta yang baru selesai menyanyi, “kamu menyanyi tidak ada dinamikanya”. Artinya peserta itu bernyanyi dengan suara tetap atau datar, tidak ada lembut dan kerasnya.

Jika ada hal yang kurang jelas / tidak jelas, silakan anda bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan berusaha menjawab pertanyaan anda secepat mungkin.

Bagi anda yang sungguh-sungguh belajar musik, silakan baca postingan di bawah ini.

Tanda Mula Musik

Tanda Kromatis / Aksidental


Semoga postingan ini berguna.



Tag.

Tanda dinamika dalam notasi balok, tanda crescendo, tanda decrescendo.