Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membaca Not Balok Nada C Not 1/2

Cara membaca not balok nada C not 1/2 disertai gambar notasi dan audio untuk mendengar notasi tersebut, sehingga mudah dimengerti.

Bagi anda yang punya alat musik gitar, keyboard, dan alat musik yang tergolong pada treble clef silakan siapkan, dan pastikan alat musik anda dalam keadaan standar. Jika belum standar silakan stem (setel) dulu alat musiknya.

Jika anda sudah siap. silakan praktekkan notasi di bawah ini.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


contoh nada c nilai not 1/2


Pada bar ke-1 ada 4 ketuk tanda diam, setiap ketuk berdurasi 1 detik. Pada bar ke-2 not mulai dimainkan, setiap not berdurasi 2 detik. Jadi setiap 2 detik harus pindah not. Gunakan jarum panjang jam dinding untuk penuntun tempo.

Jika cara memainkannya sudah betul, hasilnya akan seperti video di bagian bawah.

Setelah anda bisa memainkan not-not di atas, coba gunakan metronom, dan mainkan dengan tempo 72. Jika anda belum punya metronom, silakan download di Play Store – pakai ponsel android - gratis.

Bagi yang sudah punya metronom, pada bagian beat (ketukan) atur sampai terlihat 4 bulatan dan setel waktunya pada angka 72. Kemudian mainkan not di atas, dimulai ketukan ke-1 (tanda bulat pertama di metronom), lalu pindahkan not tepat pada bulatan ke-3 aktif di metronom. Jadi yang dimainkan hanya ketukan ke-1 dan ke-3, karena semua not di atas bernilai 1/2 atau 2 ketuk. Jika sudah bisa tempo 72, lanjutkan latihan dengan tempo 96. Latihan ini penting agar anda terbiasa dengan tempo.

Kita lanjutkan, tetap menggunakan notasi di atas, tapi temponya dirubah menjadi 120 bpm. Silakan anda setel metronomnya.

Setelah anda bisa membaca not-not di atas dengan benar (tempo 120). Coba anda mainkan lagi dengan cara mengikuti video di bawah ini. Jika anda betul dalam memainkannya, maka akan terdengar enak, tapi jika anda salah tempo maka akan terdengar balapan antara musik di video ini dengan melodi yang anda mainkan. Kemungkinan lain jika anda salah memainkan not maka akan terdengar fals/sumbang.

Pada video ini saya masukan beat drum dan bas, supaya lebih enak didengar.



Sebenarnya jika anda ingin belajar not balok, belajar sedikit demi sedikit. Misalnya anda belajar nada dasar C saja. Jangan ganti nada dasar, biasakan main pada nada dasar C. Setelah bisa, baru pindah nada lain, misalnya nada G. Selain itu jangan belajar not yang sulit, belajar not 1/2 dan 1/4 dahulu. Intinya belajar yang mudah. Terpenting anda mengerti, itu yang perlu. Masalah tidak bisa prakteknya, itu masalah nanti. Jika sering berlatih pasti bisa. Istilahnya "Bisa karena biasa".

Jika ada yang kurang jelas atau ingin bertanya tentang cara membaca not balok, silakan bertanya di kotak komentar. Saya akan berusaha menjawab secepatnya.

Semoga postingan ini berguna.


Tag

belajar membaca not balok nada c not 1/2, not 1/2 dalam not balok, membaca not 1/2 tempo 60.