Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membaca Not Balok Nada C Not 1/4

Cara membaca not balok nada C not 1/4 disertai dengan gambar notasi dan audio untuk mendengar notasi tersebut, sehingga mudah dimengerti.

Bagi anda yang belum tahu cara membaca not, silakan baca dulu tentang Tempo Musik, Nilai Not dan Tanda Diam, Cara Membaca Not Balok dan Tangga Nada C. Setelah itu coba baca notasi di bawah ini.

Klik gambar untuk memperbesar.


contoh nada c not 1/4  pada not balok


Pada gambar di atas ada tulisan 60, artinya tempo 60. Dalam tempo 60 atau tepatnya 60 BPM ( Beat Per Minute ) artinya ada 60 ketuk dalam 1 menit. Jika tempo 72 maka ada 72 ketuk dalam 1 menit.

Gambar di atas menunjukkan bahwa pada bar ke-1 ada tanda diam sebanyak 4 buah, setiap tanda diam itu berdurasi 1 detik, dan setiap not pun berdurasi 1 detik. Silakan anda mainkan. Setelah anda mainkan dan sudah merasa betul. Silakan bandingkan dengan video yang ada di bagian di bawah. Jika suara melodinya sama, dan ketukannya sama, artinya anda sudah bisa.

Berikutnya coba mainkan dengan tempo 80 dan 100 (gunakan metronom), caranya setiap ketukan pada metronom pindah, maka not pun pindah (bersamaan).

Jika sudah bisa, coba dengan tempo 120. Latih dulu sampai anda benar-benar bisa, setelah itu, ikuti video di bawah ini. Saya sengaja memasukkan snare drum, bas gitar dan organ, biar lebih terasa dalam mempraktekkannya.



Jika anda betul dalam memainkan not-not di atas, maka akan terdengar enak, jika tidak tentunya akan fals/sumbang, dan mungkin juga antara melodi dan musik akan balapan. Jika anda belum bisa, latih lagi sampai anda betul-betul bisa.

Belajar musik butuh kesabaran dan harus sedikit demi sedikit. Terpenting adalah anda mengerti, masalah praktek tidak bisa, itu soal nanti. Kalau sering berlatih pasti bisa. Jangan berpikir bahwa not balok itu sulit. Anda belajar saja satu nada dasar, misalnya nada dasar C. Di blog ini banyak postingan tentang membaca not balok dan teori musik. Anda tinggal lihat.

Not-not di atas adalah bagian verse ( bait ) dari sebuah lagu, ada beberapa not yang saya rubah, sekedar untuk mempermudah dalam praktek. Tahukan anda judul lagu di atas ?

Lagu itu merupakan lagu yang sangat terkenal di dunia yang diciptakan oleh komposer besar dunia.

Jika ada yang kurang jelas atau ingin bertanya hal lain sehubungan dengan membaca not balok, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan berusaha menjawab secepatnya.

Semoga postingan ini berguna.


Tag

latihan membaca not balok not 1/4 nada c, not balok not 1/4 nada c, belajar membaca not balok nada C not 1/4.