Chord Gitar dan Keyboard

Chord Gitar dan Keyboard yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan notasi agar lebih mudah dihapal. Sesungguhnya belajar chord yang baik dengan cara menghapal notasinya.

Chords adalah gabungan dari beberapa not. Dalam bahasa Indonesia chords ini disebut akor. Di sini ditampilkan banyak akor dalam notasi angka. Akor ini umumnya digunakan untuk alat musik kelompok gitar dan keyboard atau alat musik pengiring. Mungkin tidak semua alat musik pengiring memiliki chords yang sama. Kalau keyboard dengan gitar memiliki chord yang sama. Singkatnya kedua alat itu  hanya beda alat dan beda posisi saja.

Di bawah ini adalah kumpulan akor yang paling banyak dipakai orang. Akor ini menggunakan notasi angka, Jika anda belum tahu cara membacanya atau menerapkannya, silakan anda buka  postingan yang berjudul :

Mengerti Chords / Akor

Cara Menghapal Chords

Menghapal chords dengan cara menggunakan notasi akan lebih bagus dibanding menghapal chords dengan bentuk. Contohnya jika kita akan menghapalkan chord minor, kita cukup hapalkan chord majornya dulu, misalnya C lalu ingin tahu C minor, tinggal turunkan not E ( mi ) 1/2 nada.
Rinciannya begini akor C = 1, 3, 5 ( Do, Mi, Sol ) untuk menjadi Cminor, turunkan not Mi 1/2 nada.
Hasilnya Cminor = 1, b3, 5.

Baiklah kita lihat daftar chords yang standar di dunia,


gambar chord gitar hal 1


Klik gambarnya yuntuk memperbesar.


gambar chord gitar hal 2

Keterangan :
Angka 1 dan   8  = Do
Angka 2 dan   9  = Re
Angka 3 dan 10  = Mi
angka  4 dan 11  = Fa
Angka 5 dan 12  = sol
Angka 6 dan 13  = La
Angka 7              = Si

b atau ( -  ) artinya turun 1/2 nada disebut mol ( b )
# atau ( + ) artinya naik 1/2 nada disebut kres ( # )

Menghapal chord dengan cara menghapalkan notasinya akan membuat anda hapal ratusan chord tanpa harus dipraktekkan pada alat musik. Syaratnya anda harus tahu notasi dan posisi notasi pada alat musik yang anda sukai.

Contoh lanjutan :
Jika ingin menghapal chord Csus4 tinggal ganti 3 ( mi ) dengan 4 ( fa ).
Dari C major = 1, 3, 5 ganti 3 ( mi ) menjadi 4 ( fa ), hasilnya menjadi Csus4 = 1, 4, 5.

Jika kita ingin menghapal chord Cminor 7 kita tinggal rubah minornya kemudian tambah 7, sehingga menjadi 1, b3, 5, b7.
Dari Cmajor = 1, 3, 5 jadikan dulu Cm = 1, b3, 5 kemudian tambah 7 menjadi Cm7 =  1, b3, 5, b7.
Untuk chord yang lain caranya sama seperti di atas.

Jika anda sudah tahu aturan chord, anda akan tahu semua chord yang dipakai di dunia ini. Anda mungkin tidak percaya bahwa semua chord bisa diketahui / dihapal dengan mudah. Coba anda baca postingan saya yang 2 judul di atas itu "Mengerti Chords / Akor dan Cara Menghapal Chords."
Saya lupa,  apa sudah semuanya saya bahas atau belum ( pada kedua postingan itu ).
Jika anda mau meneliti perubahan notasi pada chord maka anda akan hapal semua chord. Contohnya perubahan chord seperti di atas, atau misalkan chord Cm7-5. Artinya C major jadikan minor dulu lalu diberi dominant 7 lalu not 5 ( Sol ) kurangi 1/2 nada. Maka jadilan Chord Cm7-5 atau sering disebut C half dim, begitulah caranya. Apapun chordnya, asalkan kita sudah tahu aturan chord maka akan tahu.

Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau pada formulir kontak. Saya akan berusaha menjawab pertanyaan anda secepatnya.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Tengah 2

Tengah

Iklan Bawah Artikel