Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengerti Chords / Akor

Mengerti chords / akor penting bagi seorang pemusik, di sini ditampilkan banyak chords dan hal lain yang berhubungan dengan chords. Cocok untuk yang belajar chords tingkat lanjutan.

Chords / Akor adalah gabungan dari 2 nada atau lebih, gabungan nada ini dibuat untuk membuat ritem yang harmonis. Asal tahu saja power chord memiliki 2 nada yakni Do dan Sol.

Pada awalnya chords / akor terdiri dari 3 not, karenanya disebut triad (tiga serangkai ). Dalam triads chords ini ada 4 macam yaitu major , minor, augmented, dan diminished. Keempat akor itu menjadi akor dasar, sehingga banyak akor diciptakan dari keempat akor itu.

Varian dari keempat jenis akor itu di antaranya dominant, altered, add dan sebagainya. Sejalan dengan perkembangannya, beberapa akor mengalami perbedaan nama, kalau tidak dikatakan perbedaan pendapat, misalnya ada yang berpendapat bahwa akor Csus2 dengan Cadd9 adalah sama. Kemudian ada yang menganggap sama antara akor CM7+5 dengan CM7-13, tapi ada juga yang menganggap beda. Lalu bagaimana kalau ada perbedaan begitu ?

Jawabnya, biarkan saja perbedaan itu. Sebaiknya gunakan versi akor yang paling banyak dipakai orang. Selain itu gunakan aturan chords / akor yang pernah saya bahas pada postingan yang lain.

Akor-akor di bawah ini bersumber dari chords Online (all-guitar-chords.com) yang paling banyak dikunjungi orang. Pelajari perubahan not-notnya pada setiap akor agar anda makin tahu. Contohnya :

Major chord ( 1 - 3 - 5 )

Major 7 ( 1-3-5-7 )

Major 9 ( 1-3-5-7-9 )

Major 11 ( 1-3-5-7-9-11 )

Major 13 ( 1-3-5-7-9-11-13 )

Penting diketahui adalah notasi (angka-angka) dari setiap akor, lihat berikut .

Angka 1 dan 8 = Do

Angka 2 dan 9 = Re

Angka 3 dan 10 = Mi

Angka 4 dan 11 = Fa

Angka 5 dan 12 = Sol

Angka 6 dan 13 = La

Angka 7 = Si

b atau (-) artinya turun 1/2 nada

# atau (+) artinya naik 1/2 nada.

Penerapan pada alat musik gitar lihat di bawah ini.


gambar tangga nada pada gitar


Di atas adalah tangga nada / kunci melodi nada dasar C. Jika akan memegang C major, maka letakkan jari anda pada angka 1 atau 8, 3 atau 10, 5 atau 12 karena akor C adalah 1, 3, 5 ( do, mi. sol ). Jadi anda bisa pegang akor C berdasarkan gambar gitar di atas angka 8, 10, 12 karena itu sama dengan 1, 3, 5.

Jika anda akan memegang akor yang banyak notnya, misalkan Cminor13 = 1-b3-5-b7-9-11-13. Anda mungkin tidak akan bisa memegang semua not itu. Caranya pegang not-not yang wajib saja.

Not-not wajib untuk akor Cmin13 adalah

Not 1 karena itu adalah root.

Not b3 karena itu yang menunjukkan minor

Not b7 karena itu not pembentuk dominant yang berhubungan dengan not 13

Not 13 (la) atau 6 (la) karena itu not pembentuk.

Jadi anda bisa menghilangkan not 5, 9, 11. Tapi jika cukup tempatnya, sebaiknya semuanya dipegang. Itu akan lebih bagus. Intinya kita harus memegang not-not bergantunng pada nama akornya.

Kesimpulannya:

Jika ada akor baru lihat notasinya, cara penerapannya, utamakan not 1 = root, not 3 jika itu minor/major, not pembentuk. Selain itu harus tahu awal dari akor itu. Misalnya Cm13, awalnya dari akor Cm lalu diberi dominant 7, kenapa dominant 7 ? alasannya karena dominant 13 berawal dari dominant 7. Dominant 13 itu satu rumpun dengan dominant 7, 9, 11, 13, mereka termasuk dalam extended chords.

Tingkatan Akor, ini istilah yang sering digunakan oleh banyak pemusik. tingkatan itu berupa tangga nada C sampai B. Tingkat I = C, tingkat II = Dm, tingkat III = Em dan seterusnya.Akor unik

2 akor yang unik

Pertama : power chord yaitu punya 2 nada. Ini akor satu-satunya yang memiliki sedikit nada. Akor ini biasanya digunakan dalam musik rock dan menggunakan senar gitar bagian atas.

Kedua : Dim7 yaitu akor yang memiliki 4 not, keunikannya jika kita pegang Cdim7 lalu kita naikkan akor itu 1 ½ nada atau turunkan 1 ½ nada, maka hasilnya sama, maksudnya 3 akor itu not-notnya sama. Misalkan nadanya 1 – b5 – b3 – 6 jika kita naikkan atau turunkan 1 ½ nada maka nadanya tetap itu, yang beda hanya posisinya. Dengan kata lain bahwa dim7 itu memiliki 3 jenis akor, sementara akor lain setiap jenis memiliki 12 akor.

Asal tahu saja bahwa akor itu tidak tetap, maksudnya akor akan mengalami perubahan , baik dalam hal jumlahnya maupun dalam hal penamaannya.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengerti Chords / Akor"