Ritem Musik Swing

Saat ini saya akan bahas ritem atau genjrengan musik swing.  Mungkin ada  di antara anda yang belum tahu apa itu musik swing.  Bagi anda yang belum tahu, musik swing adalah salah satu jenis musik dari musik jazz.  Ciri khas dari musik swing adalah bas jalan (walking bas).  Temponya cenderung sedang sampai cepat.  Boleh dibilang swing ini musik ceria. Dulu musik ini digunakan untuk dansa (dalam dunia dangdut disebut  joged).

Bagaimana cara ritemnya  pada gitar ?
Ritemnya  mengikuti beat ( ketukan )  dari tanda sukat yang dimainkan. Misalnya sebuah lagu swing bertanda sukat 4/4 maka mainkan ritem gitar sesuai  beat itu.
Supaya lebih jelas saya pakai contoh  ketukan | 1 2 3 4 | 1 2 3 4 | , anda bunyikan gitar 4 kali setiap bar.  Cara membunyikannya dari atas ke bawah 1 ketuk, lalu tangan ke atas lagi bunyikan ketukan ke-2, lalu ke atas lagi bunyikan ketukan ke-3, lalu ke atas lagi bunyikan ketukan ke-4.  Intinya ritem mengikuti ketukan.

Cara lain adalah sama seperti di atas, bedanya setelah tangan berada  di bawah,   sambil ke atas – tangan membunyikan senar lagi. Dengan kata lain bahwa caranya sama dengan cara di atas, tapi diberi tambahan yaitu membunyikan senar saat tangan menuju ke atas.
Selain itu ada juga cara lain, yaitu tidak selalu saat ke atas senar dibunyikan, kadang dibunyikan kadang tidak. Bergantung pada feel pemain ritem.

Cara ritem di atas menjadi ritem standard dari musik swing. Oleh sebab itu jika anda menonton musik swing sebanyak  5 group band,  lalu anda melihat ritem dari pemain gitar, maka sebagian besar dari ritem mereka akan   seperti di atas. Perbedaannya mungkin dalam hal bunyi, karena setiap orang mempunyai tehnik yang berbeda-beda dalam ritem. Maksudnya tehnik dalam memegang akor, biasanya jika memegang akor itu tidak hanya ditekan, tapi ada yang ditekan full lalu ditekan setengah, disesuaikan dengan genjrengan  ( membunyikan senar ). Semoga anda mengerti yang saya maksud. 


Lalu bagaimana dengan cara ritem piano pada musik swing ?

Dalam musik swing, ritem piano sangat berbeda dengan ritem gitar. Kalau dalam ritem gitar boleh dibilang monoton, dalam piano justru tidak monoton.  Sepertinya di dalam piano, ritem swing itu ditentukan oleh feel  pemusik. Umumnya ritemnya random ( acak ), maksudnya masuk ritem di tempat-tempat yang pemusik inginkan, tentu saja ini berhubungan dengan harmoni yang mereka inginkan.
Baiklah sekarang kita lihat beberapa ritem piano musik swing  di bawah ini.








Notasi di atas pada bar ke-1  bisa digunakan untuk piano tapi bisa juga digunakan untuk gitar. Biasanya dalam penulisan notasi alat musik gitar, nilai not-nya adalah 1/4. Jadi tidak ada tanda istirahat.

Kemudian pada bar-bar berikutnya, semua ritem digunakan untuk alat musik piano. Walaupun begitu, boleh-boleh saja jika anda menggunakannya pada alat musik gitar. 

Ritem di atas hanya beberapa jenis saja, pada kenyataannya ritem swing untuk piano memiliki banyak variasi. Ritem di atas  harus dicoba-coba, karena tidak semua tempo cocok dengan ritem tersebut. Cari yang sesuai dan gunakan beberapa jenis ritem untuk sebuah lagu.
Semoga anda mengerti.




NB:
Asal tahu saja bahwa dulu ada acara televisi yang band-nya bermain swing. Paling terkenal adalah group Ireng Maulana All Stars. Mereka memang jago-jago jazz, menurut saya. Saya akan upload genjrengan swing pada gitar nanti.

Belum ada Komentar untuk "Ritem Musik Swing"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah 2

Tengah

Iklan Bawah Artikel