Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ritem Musik Swing

Saat ini saya akan bahas ritem atau genjrengan musik swing. Mungkin ada di antara anda yang belum tahu apa itu musik swing. Bagi anda yang belum tahu, musik swing adalah salah satu jenis musik dari musik jazz. Ciri khas dari musik swing adalah bas jalan (walking bas). Temponya cenderung sedang sampai cepat. Boleh dibilang swing ini musik ceria. Dulu musik ini digunakan untuk dansa (dalam dunia dangdut disebut joged).

Bagaimana cara ritemnya pada gitar ?

Ritemnya mengikuti beat ( ketukan ) dari tanda sukat yang dimainkan. Misalnya sebuah lagu swing bertanda sukat 4/4 maka mainkan ritem gitar sesuai beat itu.

Supaya lebih jelas saya pakai contoh ketukan | 1 2 3 4 | 1 2 3 4 | , anda bunyikan gitar 4 kali setiap bar. Cara membunyikannya dari atas ke bawah 1 ketuk, lalu tangan ke atas lagi bunyikan ketukan ke-2, lalu ke atas lagi bunyikan ketukan ke-3, lalu ke atas lagi bunyikan ketukan ke-4. Intinya ritem mengikuti ketukan.

Cara lain adalah sama seperti di atas, bedanya setelah tangan berada di bawah, sambil ke atas – tangan membunyikan senar lagi. Dengan kata lain bahwa caranya sama dengan cara di atas, tapi diberi tambahan yaitu membunyikan senar saat tangan menuju ke atas.

Selain itu ada juga cara lain, yaitu tidak selalu saat ke atas senar dibunyikan, kadang dibunyikan kadang tidak. Bergantung pada feel pemain ritem.

Cara ritem di atas menjadi ritem standar dari musik swing. Oleh sebab itu jika anda menonton musik swing sebanyak 5 group band, lalu anda melihat ritem dari pemain gitar, maka sebagian besar dari ritem mereka akan seperti di atas. Perbedaannya mungkin dalam hal bunyi, karena setiap orang mempunyai tehnik yang berbeda-beda dalam ritem. Maksudnya tehnik dalam memegang akor, biasanya jika memegang akor itu tidak hanya ditekan, tapi ada yang ditekan full lalu ditekan setengah, disesuaikan dengan genjrengan ( membunyikan senar ). Semoga anda mengerti yang saya maksud.

Lalu bagaimana dengan cara ritem piano pada musik swing ?

Dalam musik swing, ritem piano sangat berbeda dengan ritem gitar. Kalau dalam ritem gitar boleh dibilang monoton, dalam piano justru tidak monoton. Sepertinya di dalam piano, ritem swing itu ditentukan oleh feel pemusik. Umumnya ritemnya random ( acak ), maksudnya masuk ritem di tempat-tempat yang pemusik inginkan, tentu saja ini berhubungan dengan harmoni yang mereka inginkan.

Baiklah sekarang kita lihat beberapa ritem piano musik swing di bawah ini.


gambar ritem musik swing pada not balok


Notasi di atas pada bar ke-1 bisa digunakan untuk piano tapi bisa juga digunakan untuk gitar. Biasanya dalam penulisan notasi alat musik gitar, nilai not-nya adalah 1/4. Jadi tidak ada tanda istirahat.

Kemudian pada bar-bar berikutnya, semua ritem digunakan untuk alat musik piano. Walaupun begitu, boleh-boleh saja jika anda menggunakannya pada alat musik gitar.

Ritem di atas hanya beberapa jenis saja, pada kenyataannya ritem swing untuk piano memiliki banyak variasi. Ritem di atas harus dicoba-coba, karena tidak semua tempo cocok dengan ritem tersebut. Cari yang sesuai dan gunakan beberapa jenis ritem untuk sebuah lagu.

Semoga postingan ini bermanfaat.