Improvisasi scale pelog

Membahas cara improvisasi melodi scale pelog, dibahas menggunakan notasi balok dan video / audio, sehingga lebih mudah dipahami.


Menurut  ceritanya scale pelog ini digunakan di Jawa dan Bali. Scale pelog yang saya akan gunakan adalah pelog yang susunan  notasinya  1, b2, b3, 5, b6 ( terdapat dalam postingan Kumpulan Scale).

Bagi anda yang belum tahu cara melakukan improvisasi melodi silakan buka postingan yang berjudul  Cara Improvisasi Melodi . Setelah itu, silakan lihat notasi di bawah ini.


Klik gambar untuk memperbesar.
Improvisasi melodi di atas menggunakan pelog  dengan feel  Jawa Barat (Sunda).  Ini termasuk scale khusus, jika tidak mengikuti scale baku, maka akan kehilangan ‘rasa ‘. 

Ada yang perlu saya  jelaskan tentang notasi scale di atas  1, b2, b3, 5, b6. Dalam Kumpulan Scale ditulis nada dasar C. Didalam notasinya terdapat b3, itu ciri nada minor.  Jadi itu  C minor ,  jika C minor maka majornya adalah  Eb, karena dalam notasi balok (paranada) tidak ada istilah nada dasar minor.  Notasi di atas saya  tulis dalam nada Do = C, Jadi minornya adalah A minor ( 6, b7, 1, 3, 4 ).

Akor yang digunakan di atas adalah
Am dan not pembentuknya adalah 6, 1, 3
F dan not pembentuknya adalah 4, 6, 1
Bb dan not pembentuknya adalah b7, 2, 4

Perhatikan notasi di atas, pada bar ke-1 dan ke-2 akornya adalah Am. Sesuai dengan aturan improvisasi melodi yang pernah saya posting, bahwa dalam improvisasi melodi disarankan not-not pembentuk akor menjadi not-not  yang dominan.  Di atas (bar ke-1 dan ke-2 ) not –not yang dominan adalah 6, 1, 3.  Jika anda ingin mencoba ber improvisasi melodi, anda bisa coba cara di atas. 

Pada bar ke-3 dan ke-4  not-not pembentuk akor  juga mendominasi .

Pada bar ke-5 antara not-not pembentuk  akor  dengan not-not yang bukan pembentuk akor adalah seimbang.  Sebenarnya tidak apa-apa berimbang juga asal durasinya lebih lama daripada not-not yang bukan pembentuk akor, agar lebih aman.

Pada bar-bar  berikutnya setiap bar didominasi oleh not-not pembentuk akor.  Jadi melodinya pasti aman. Maksudnya tidak akan fals atau sumbang. Supaya lebih jelas kita dengarkan video dari notasi di atas, anda bisa coba iringi.



Intinya jika anda ingin belajar improvisasi melodi, usahakan banyak menggunakan not-not pembentuk akor.  Tapi jika anda sudah bisa dengan cara di atas, anda bisa saja bermain improvisasi tidak harus not-not pembentuk akornya mendominasi.

Penggunaan scale pelog di atas menggunakan feel Jawa Barat, Jika anda ingin berimprovisasi  melodi ala Bali, yang dirubah bukan scalenya tapi feelnya.
Semoga anda mengerti


Catatan:
Di bawah notasi balok ada angka, itu adalah not angka dari not balok yang di atasnya.

Belum ada Komentar untuk "Improvisasi scale pelog"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah 2

Tengah

Iklan Bawah Artikel