Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Improvisasi Melodi

Cara improvisasi melodi ini terutama untuk yang sedang belajar melodi atau akan belajar melodi. Namun bagi anda yang belum sampai tahap melodi, baca saja. Jadikan sebagai wawasan musik anda.

Pernahkan anda melihat orang bermain melodi improvisasi di televisi atau youtube ?

Bagi anda yang baru belajar melodi atau akan belajar melodi mungkin anda akan berkata bahwa melodi seperti itu sulit. Apalagi kalau melihat jari-jarinya yang begitu cepat menekan senar-senar. Bagaimana bermain seperti itu ?

Banyak orang yang ingin bisa bermain melodi improvisasi tapi mereka tidak tahu caranya. Bagaimana cara belajarnya ?

Sekarang saya akan bahas cara belajarnya.

Ada beberapa hal yang wajib dimiliki bagi orang yang akan belajar improvisasi melodi, di antaranya :

Pertama : Scale

Maksudnya anda harus tahu scale yang akan digunakan. Misalnya anda ingin bermain improvisasi musik blues, maka anda harus tahu scale musik blues. Jika anda tidak tahu, tidak akan bisa bermain melodi blues. Jika anda ingin tahu scale-scale baca postingan Kumpulan Scale Musik.

Kedua : Akor / Chord ( not-not pembentuk akor)

Anda harus tahu akor dan not-not pembentuk akor karena not-not itu merupakan pijakan yang harus anda pilih di saat berimprovisasi. Misalnya anda bermain akor C tapi yang anda mainkan adalah not re, fa, la ini akan mengakibatkan fals (tidak masuk) . Singkatnya anda harus menguasai akor dan not-not pembentuknya agar anda bisa berimprovisasi tanpa fals/sumbang. Jika anda ingin tahu notasi chords silakan buka postingan Akor atau Chords pilih label yang ada di bagian samping halaman ini.

Ketiga : Feel atau Rasa

Artinya anda harus tahu rasa dari melodi yang akan anda mainkan. Jangan sampai anda bermain melodi hard rock tapi rasanya melodi blues. Ilustrasinya anda membuat black forest tapi jadinya brownies. Untuk menghindari feel yang berbeda, anda harus sering mendengar improvisasi melodi musik yang anda inginkan, baik dari musisi lokal maupun mancanegara. Selain itu feel juga untuk merasakan masuk dan tidaknya melodi dan enak tidaknya melodi.

Selain poin di atas, ada hal lain lagi yang perlu anda bisa, misalnya fingering. Inti dari fingering adalah jari-jari anda harus dipakai semuanya, disesuaikan dengan not yang akan dibunyikan. Singkatnya efienkan perpindahan jari. Saya tidak akan membahas fingering.

Jika anda sudah menguasai yang saya sebutkan di atas, di bawah ini adalah aturannya.

Selalu gunakan scale yang standard ( lihat di postingan Kumpulan Scale ).

Ketika bermain pada nada C, maka anda harus menggunakan not-not pembentuk akor lebih dominan daripada not-not bukan pembentuk. Ini untuk menghindari fals.

Disarankan agar pada ketukan ke-1 dan ke-3 (untuk ketukan 4/4) terdapat not pembentuk akor .

Disarankan pada ketukan ke-1 dan 3 not pembentuk akor lebih lama ditekan daripada not yang lain. Karena jika not bukan pembentuk akor ditekan lama pada ketukan ke-1 akan terdengar fals/sumbang. Karena nilai not (durasi not) sangat berpengaruh pada masuk atau tidaknya melodi yang dimainkan. Contoh Jika ada not re ( 2 ) kelamaan pada akor C maka akan terdengar sumbang. Misalnya akor C memiliki melodi improvisasi re, mi, so jika not re bernilai 2 ketuk, maka akan menjadi fals. Tapi jika susunannya re 1 ketuk, mi 2 ketuk, sol 1 ketuk. Ini terdengar masuk.

Disarankan not bukan pembentuk akor jangan lama pada akor yang sedang aktif.

Selain aturan di atas tentu saja ada pengecualian, biasanya dalam musik jazz, kadang ada yang melenceng.

Baiklah saya akan beri contoh improvisasi musik pop dengan menggunakan akor C – Am – Dm – G. Bagi anda yang belum tahu not pembentuk akor tersebut lihat di bawah ini.

C = 1, 3, 5 ( do, mi. sol )

Am = 1, 3, 6 ( do, mi, fa )

Dm = 2, 4, 6 ( re, fa. La )

G = 5, 7, 2 ( sol, si, re )


gamabr notasi improvisasi melodi buatan


Di bawah not balok, ada not angka tapi tidak diberi tanda tinggi dan rendahnya. Terpenting ada notasinya buat yang tidak tahu not balok.

Perhatikan not-not melodi dan akornya, semuanya sesuai dengan aturan yang tertulis di atas. Jadi jika anda mau belajar improvisasi melodi, anda bisa mengikuti aturan di atas. Terpenting anda bisa membuat improvisasi melodi tidak fals. Masalah enak atau tidak enak didengar, itu masalah nanti.

Setelah anda bisa bermain improvisasi seperti aturan di atas, lanjutannya anda bisa bermain improvisasi dengan cara anda sendiri, maksudnya tidak harus sama semuanya seperti aturan di atas. Musik itu tidak tetap, selalu ada perubahan.

Bagian yang tersulit dalam improvisasi melodi adalah mencari harmoni.

Kita dengar melodi di atas, klik video di bawah ini.



Sebaiknya anda gunakan gitar atau keyboard untuk mengiringi video di atas, agar anda tahu bahwa improvisasi di atas tidak fals ( masuk musiknya ).

Jika ada yang kurang jelas, silakan anda bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Jika anda sungguh-sungguh ingin belajar improvisasi, bertanyalah. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepat mungkin.

Semoga postingan ini bermanfaat.