Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Tangga Nada

Kumpulan tangga nada atau jenis-jenis tangga nada yang dibahas kali ini. Orang-orang luar negeri biasanya menyebut tangga nada dengan istilah "scale". Kumpulan tangga nada ini ibarat harta bagi pemain melodi dan pencipta lagu.

Mungkin ada yang belum mengerti, untuk apa tangga nada ini ?

Fungsi tangga nada adalah untuk pedoman dalam bermain melodi. Misalnya anda ingin bermain melodi blues, maka anda harus tahu tangga nada blues. Jadi tangga nada ini sangat berguna bagi orang yang bermain melodi, baik itu melodi lagu maupun melodi improvisasi.

Selain itu bisa juga dipakai untuk menciptakan lagu tertentu. Jika anda pencipta lagu pop kemudian disuruh menciptakan lagu bernuansa musik padang gurun (arabik), pasti bingung. Jika anda tahu tangga nada padang gurun, anda akan lebih mudah menciptakan lagu bernuansa seperti itu.

Baiklah kita lihat tangga nada di bawah ini. Jika ingin mencoba gunakan saja nada dasar C. Untuk membedakan mana tangga nada minor dan major, lihat notasintya. Tangga nada minor ada b3 kalau major hanya 3. Dengan kata lain bahwa tangga nada minor ciri khasnya not 3 ( mi ) dikurangi 1/2 nada sedangkan tangga nada major tidak. Kecuali tangga nada kromatik menggunakan semuanya sebab tangga nada kromatik menaikkan 1/2 nada pada semua nada.

Klik gambarnya untuk memperbesar.



Sebenarnya tangga nada itu masih banyak namun yang di atas sudah lebih dari cukup untuk belajar tangga nada. Mungkin hampir setiap negara memiliki tangga nadanya tersendiri. Misalnya Indonesia punya tangga nada pelog dan mungkin masih ada lagi tangga nada lain di Indonesia yang tidak kita ketahui, contohnya dalam musik-musik tradisional.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Tangga Nada"