Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda Sukat 5/4 ( Ketukan 5/4 )

Tanda sukat 5/4 atau tanda birama 5/4 seringkali disebut ketukan 5/4 kali ini akan dibahas. Dilengkapi dengan gambar dan video / audio sehingga mudah dimengerti.

Didalam lagu dahulu (waktu lalu) terkadang ada tanda sukat 5/4. Contohnya lagu Bohemian Rhapsody dari Band Queen. Saya pernah lihat tabulasi (TAB) lagu tersebut, dan saya melihat ada beberapa tanda sukat dalam lagu itu. Salah satunya tanda sukat 5/4. Oleh karena itu saya terinspirasi untuk membuat postingan tentang tanda sukat 5/4. Selain lagu tersebut, adakalanya tanda sukat 5/4 juga dipakai pada musik jaman dulu atau musik klasik.

Kita lihat melodi di bawah ini dalam tanda sukat 5/4.


gambar notasi tanda sukat 5/4 pada not balok


Dalam tanda sukat 5/4 setiap bar memiliki 5 beat ( 5 ketuk ).

Mungkin banyak pemain musik yang belum pernah memainkan tanda sukat 5/4 ini. Kemungkinan besar yang belum pernah memainkannya akan kagok. Saya juga "kelabakan" memainkan birama 5/4, maklum jarang digunakan.

Silakan coba, ambil alat musik dan ikuti akor yang berada dalam video di bawah ini. Maksudnya anda memainkan ritem ( strumming ).



Seorang pemusik harus tahu birama, semakin tahu banyak tentang birama maka semakin bagus. Jika suatu saat nanti menemukan lagu yang biramanya tidak umum, tidak masalah. Bagi anda yang sedang belajar musik, silakan bukan postingan di bawah ini.

Tanda Sukat 2/4 ( birama 2/4 )

Tanda Sukat 6/8 ( birama 6/8 )


Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tanda Sukat 5/4 ( Ketukan 5/4 )"