Tanda Sukat 5/4 ( Ketukan 5/4 )

Tanda sukat 5/4 atau tanda birama 5/4 seringkali disebut ketukan 5/4. Di sini dibahas dengan menggunakan video / audio sehingga mudah dimengerti.

Didalam lagu dahulu (waktu lalu) terkadang ada tanda sukat 5/4.  Contohnya lagu Bohemian Rhapsody dari Band Queen. Saya pernah lihat tabulasi (TAB) lagu tersebut, dan saya melihat ada beberapa tanda sukat dalam lagu itu. Salah satunya tanda sukat  5/4. Oleh karena itu saya terinspirasi untuk membuat postingan tentang tanda sukat 5/4.  Selain lagu tersebut, terkadang tanda sukat 5/4 juga dipakai pada musik jaman dulu atau musik klasik.

Supaya lebih mengerti, lihat melodi di bawah ini dalam tanda sukat 5/4.



Melodi di atas bukan sebuah lagu, itu saya bikin sendiri  sebagai  contoh saja.
Dari gambar di atas ada tanda awal pengulangan ||:  dan  :|| tanda akhir  pengulangan.  Artinya bahwa  notasi di atas diulang. Dengan kata lain dimainkan 2 kali.

Dalam tanda sukat 5/4 setiap bar memiliki 5 beat  ( 5 ketuk ). 
Mungkin banyak pemain musik yang belum pernah memainkan tanda sukat 5/4 ini.  Kemungkinan besar yang belum pernah memainkannya cenderung kagok, Penasaran ?

Silakan coba, ambil alat musik dan ikuti akor yang berada dalam video di bawah ini. Maksudnya anda memainkan ritem ( strumming ).


Untuk wawasan musik anda, baca juga tanda sukat di bawah ini.


Belum ada Komentar untuk "Tanda Sukat 5/4 ( Ketukan 5/4 )"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel