Cara Stem Gitar ( Setel Gitar )

Cara stem gitar atau istilah awamnya setel gitar, ada beberapa cara di antaranya stem gitar secara manual, cara stem gitar dengan tuner, dan cara stem gitar dengan aplikasi tuner android.

Silakan simak uraian di bawah ini.

CARA PERTAMA

Cara stem gitar secara manual.
Lihat gambar di bawah ini


cara stem gitar

Mulai stem dari bagian atas, tekan senar A lalu bunyikan,kemudian bunyikan senar ke-5 ( senar  lepas ). Bunyi senar A  yang ditekan harus sama dengan bunyi  senar ke-5 yang dilepas. Singkatnya  A ditekan pada senar  ke-6  = senar 5 dilepas. Jika belum sama, stem gitar secara perlahan-lahan sampai suaranya terdengar sama. Sebaiknya hati-hati jika senar sudah kencang ( tinggi ), jangan dikencangkan lagi, bisa putus. Oleh sebab itu  harus tahu senar sudah kencang ( tinggi ) dan yang belum kencang.

Selanjutnya tekan D ( senar 5 ) bunyikan, lalu bunyikan senar  4 tidak ditekan ( dilepas ). Bunyinya harus terdengar sama.
Untuk senar yang lainnya, lakukan dengan cara yang sama seperti di atas.
senar G ( senar 4 ) ditekan =  senar ke-3 dilepas
senar B ( senar 3 ) ditekan =  senar ke-2 dilepas
senar E ( senar 2 ) ditekan = senar ke-1 dilepas,

Sebenarnya masih ada cara lain yaitu samakan setelannya dengan piano atau keyboard. Cara ini lebih baik karena setelan gitar akan menjadi standard.


CARA KEDUA

Stem gitar dengan menggunakan Tuner lihat gambar di bawah :


tuner untuk stem gitar


Cara pakai tuner ini  dengan cara menjepitkan tuner ke bagian kepala  gitar  (sekitar putaran senar). Cara menyetemnya adalah,

bunyikan senar 1 lihat tuner, jika ada huruf E artinya sudah betul.
bunyikan senar 2 lihat tuner, jika ada huruf B artinya sudah betul
bunyikan senar 3 lihat tuner, jika ada huruf G artinya sudah betul
bunyikan senar 4 lihat tuner, jika ada huruf D artinya sudah betul
bunyikan senar 5 lihat tuner, jika ada huruf A artinya sudah betul
bunyikan senar 6 lihat tuner, jika ada huruf E artinya sudah betul

Jika belum ada huruf yang sesuai maka harus diputar alat pemutarnya yang ada pada kepala gitar. Bisa diputar ke nada lebih rendah atau lebih tinggi tergantung senarnya.
Senar gitar di atas dalam keadaan dilepas semuanya, senar 1 artinya senar E bagian bawah yang tinggi dan senar 6 adalah senar E yang rendah ( bas ).


CARA KETIGA

Pada cara ketiga ini tetap gunakan tuner, tapi tuner yang ada pada aplikasi android. Jadi harus menggunakan handphone ( ponsel ) yang android. Bagi anda yang ingin memiliki aplikasi ini, download saja di PLAY STORE – Gratis. Pilih yang ada frekuensinya.


tuner untuk stem gitar pakai ponsel


Cara pakainya,  buka aplikasi itu dan letakan HP (Handphone) di depan lubang gitar. Lalu bunyikan senar ke-1 ( senar lepas ), lihat apa sudah ada tanda centang ( v ) atau belum. Jika belum ada tanda centang ( v ) putar setelan gitar sambil dibunyikan,  sampai ada tanda centang ( v ) dan setelah itu usahakan jarum tuner berada pada angka 0 (nol). Jika sudah pada angka 0  artinya senar ke-1 sudah dalam keadaan standard. 
Selanjutnya senar ke-2, sentuh dulu senar kedua pada hp anda lalu bunyikan senarnya ( senar lepas ), lakukan seperti cara di atas, begitu juga untuk senar-senar yang lainnya.

Agar stem gitar lebih bagus dan akurat sebaiknya stem berdasarkan frekuensi, samakan frekuensinya dengan yang di bawah ini.

Senar 1 = 329.63 Hz
Senar 2 = 246,94 Hz
Senar 3 = 196 Hz
Senar 4 = 146,83 Hz
Senar 5 = 110 Hz
Senar 6 = 82,41 Hz

Jika tuner yang didownload tidak bisa sampai angka desimal, bulatkan frekuensinya ke atas.
Misalnya senar 1 = 329,63 Hz, jadikan 330 Hz, untuk yang lainnya lakukan hal yang sama.

Biasakan menggunakan gitar yang setelannya standard.  Maksud standard di sini adalah suaranya sama dengan suara piano atau keyboards.

Mungkin tuner android itu berbeda-beda caranya, ada yang harus disentuh dulu gambar senarnya (saat akan menyetem senar yang lain), mungkin ada yang tidak menggunakan gambar senar. Namun pada dasarnya tidak ada yang sulit dalam penggunaan tuner android.

Jika anda sudah menggunakan tuner dan hasilnya jelek ( gitarnya masih terdengar fals ) artinya gitar anda yang bermasalah. Jika anda ingin tahu yang bermasalahnya ada pada fret berapa, silakan anda buka postingan yang berjudul Menguji Gitar Fals atau Tidak.

Jika tidak punya tuner, coba cari tuner online di internet.

Jika ada yang kurang jelas silakan bertanya di kotak komentar. Saya akan berusaha menjawab pertanyaan anda secepatnya.
Semoga postingan ini bermanfaat.


updated Juli 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel