Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Stem Gitar

Cara stem gitar atau istilah awamnya setel gitar, ada beberapa cara di antaranya stem gitar secara manual, cara stem gitar dengan tuner, dan cara stem gitar dengan aplikasi tuner android.

Silakan simak uraian di bawah ini.


CARA PERTAMA

Stem gitar secara manual.

Lihat gambar di bawah ini


gambar gitar stem senar


Mulai stem dari bagian atas, tekan senar A lalu bunyikan,kemudian bunyikan senar ke-5 ( senar lepas ). Bunyi senar A yang ditekan harus sama dengan bunyi senar ke-5 yang dilepas. Singkatnya A ditekan pada senar ke-6 = senar 5 dilepas. Jika belum sama, stem gitar secara perlahan-lahan sampai suaranya terdengar sama. Sebaiknya hati-hati jika senar sudah kencang ( tinggi ), jangan dikencangkan lagi, bisa putus. Oleh sebab itu harus tahu senar sudah kencang ( tinggi ) dan yang belum kencang.

Selanjutnya tekan D ( senar 5 ) bunyikan, lalu bunyikan senar 4 tidak ditekan ( dilepas ). Bunyinya harus terdengar sama.

Untuk senar yang lainnya, lakukan dengan cara yang sama seperti di atas.

senar G ( senar 4 ) ditekan = senar ke-3 dilepas

senar B ( senar 3 ) ditekan = senar ke-2 dilepas

senar E ( senar 2 ) ditekan = senar ke-1 dilepas,

Sebenarnya masih ada cara lain yaitu samakan setelannya dengan piano atau keyboard. Cara ini lebih baik karena setelan gitar ( stem gitar ) akan menjadi standard.


CARA KEDUA

Stem gitar dengan Tuner


gambar tuner stem gitar


Cara pakai tuner ini dengan menjepitkan tuner ke bagian kepala gitar (sekitar putaran senar). Cara menyetemnya adalah,


bunyikan senar 1 lihat tuner, jika ada huruf E artinya sudah betul.

bunyikan senar 2 lihat tuner, jika ada huruf B artinya sudah betul

bunyikan senar 3 lihat tuner, jika ada huruf G artinya sudah betul

bunyikan senar 4 lihat tuner, jika ada huruf D artinya sudah betul

bunyikan senar 5 lihat tuner, jika ada huruf A artinya sudah betul

bunyikan senar 6 lihat tuner, jika ada huruf E artinya sudah betul


Jika belum ada huruf yang sesuai maka harus diputar alat pemutarnya yang ada pada kepala gitar. Bisa diputar ke nada lebih rendah atau lebih tinggi tergantung senarnya.

Senar gitar di atas dalam keadaan dilepas semuanya, senar 1 artinya senar E bagian bawah yang tinggi dan senar 6 adalah senar E yang rendah ( bas ).


CARA KETIGA

Cara stem gitar dengan aplikasi gitar

Pada cara ketiga ini tetap gunakan tuner, tapi tuner yang ada pada aplikasi android. Jadi harus menggunakan handphone ( ponsel ) yang android. Bagi anda yang ingin memiliki aplikasi ini, download saja di PLAY STORE – Gratis. Pilih yang ada frekuensinya.


gambar aplikasi android untuk stem gitar


Cara pakainya, buka aplikasi itu dan letakan HP (Handphone) di depan lubang gitar. Lalu bunyikan senar ke-1 ( senar lepas ), lihat apa sudah ada tanda centang ( v ) atau belum. Jika belum ada tanda centang ( v ) putar setelan gitar sambil dibunyikan, sampai ada tanda centang ( v ) dan setelah itu usahakan jarum tuner berada pada angka 0 (nol). Jika sudah pada angka 0 artinya senar ke-1 sudah dalam keadaan standard.

Selanjutnya senar ke-2, sentuh dulu senar kedua pada hp anda lalu bunyikan senarnya ( senar lepas ), lakukan seperti cara di atas, begitu juga untuk senar-senar yang lainnya.

Agar stem gitar lebih bagus dan akurat sebaiknya stem berdasarkan frekuensi, samakan frekuensinya dengan yang di bawah ini.


Senar 1 = 329.63 Hz

Senar 2 = 246,94 Hz

Senar 3 = 196 Hz

Senar 4 = 146,83 Hz

Senar 5 = 110 Hz

Senar 6 = 82,41 Hz


Jika tuner yang didownload tidak bisa sampai angka desimal, bulatkan frekuensinya ke atas. Misalnya senar 1 = 329,63 Hz, jadikan 330 Hz, untuk yang lainnya lakukan hal yang sama. Biasakan menggunakan gitar yang setelannya standard. Maksud standard di sini adalah suaranya sama dengan suara piano atau keyboard.

Mungkin tuner android itu berbeda-beda caranya, ada yang harus disentuh dulu gambar senarnya (saat akan menyetem senar yang lain), mungkin ada yang tidak menggunakan gambar senar. Namun pada dasarnya tidak ada yang sulit dalam penggunaan tuner android.

Jika anda sudah menggunakan tuner dan hasilnya jelek ( gitarnya masih terdengar fals ) artinya gitar anda yang bermasalah. Jika anda ingin tahu yang bermasalahnya ada pada fret berapa, silakan anda buka postingan yang berjudul Menguji Gitar Fals atau Tidak.

Jika tidak punya tuner, coba cari tuner online di internet.

Bagi anda yang sedang belajar gitar, silakan baca postingan di bawah ini.

Chord Gitar dan Chord Keyboard

Jika ada yang kurang jelas silakan bertanya di kotak komentar. Saya akan berusaha menjawab pertanyaan anda secepatnya.

Semoga postingan ini bermanfaat.



Tag

Stem gitar manual, stem gitar pakai tuner, stem gitar pakai tuner digital / ponsel android.