Notasi Simbal di Paranada

Notasi simbal di paranada yang dibahas kali ini, dilengkapi dengan gambar dan video sehingga mudah dimengerti. Selain itu dibahas kegunaan simbal ( fungsi simbal  ) dari jenis-jenis simbal.

Simbal adalah bagian dari drum set. Ada beberapa jenis simbal yang sering dipakai. Di sini akan dibahas 4 jenis simbal, supaya lebih jelas lihat gambar di bawah.


gambar simbal drum set

Keterangan :

1. Ride Symbal
Merupakan simbal standard yang biasanya diletakkan di bagian kanan pemain drum, tepatnya di atas floor tom.
Ride symbal ini seringkali dibunyikan seperti layaknya hi-hat, konstan. Misalnya pada musik swing, simbal ini seringkali dibunyikan untuk menggantikan hi-hat.

2. Splash symbal
Ini merupakan simbal kecil dari china symbal, biasanya diletakkan di atas tom tom yang di tengah. Simbal ini bukan simbal standard dalam drum set. Oleh sebab itu simbal jenis ini kadang tidak digunakan. Fungsinya tidak beda jauh seperti crash symbal.
Dalam versi musescore,  di dalam garis paranada,  splash symbal ini memiliki letak yang sama dengan china simbal.  Jelasnya lihat gambar  notasi di bawah.

3. Crash Symbal
adalah simbal standard, biasanya diletakkan di bagian kiri kadang bagian kanan, tergantung kebutuhan.  Ini disebabkan oleh adanya drummer kidal dan non-kidal.
Crash symbal memiliki suara yang keras dan tajam, biasanya dipakai pada saat-saat tertentu, misalnya setelah memukul snare dan tom tom ( ropel ) lalu crash symbal.  Tapi dalam musik tertentu, misalnya musik  rock kadang crash symbal dimainkan terus-menerus pada bagian bait maupun chorus. Mungkin maksudnya agar lebih bising, rock ( hard rock ) memang identik dengan bising.

4. China symbal
Sebetulnya china symbal ini memiliki banyak ukuran mulai yang besar hingga yang kecil. Tapi yang biasa digunakan dalam alat musik drum set adalah simbal yang besar yang disebut china symbal dan yang kecil disebut splash symbal.
China symbal biasanya dipakai setelah ropel ( fill-in), boleh dibilang sama dengan crash symbal.
China symbal ini sering digunakan dalam musik keras  seperti  rock dan  metal.  Selain itu dipakai juga pada musik jazz fusion dan musik latin.

Baiklah, sekarang lihat notasi simbal-simbal di bawah ini lalu dengarkan suaranya (putar videonya).

Klik gambarnya untuk memperbesar.









Suara dari simbal-simbal di atas mungkin agak beda dengan simbal asli yang pernah anda dengar, tapi paling tidak ada kemiripan. Asal tahu saja, suara simbal-simbal ini dari aplikasi komputer yang bernama musescore.

Dalam hal bermain simbal, anda tidak harus terpaku pada teori, karena simbal apapun bisa digunakan, bergantung pada lagu dan musiknya. Misalnya crash simbal kalau dipakai terus menerus / sering pada musik pop, pasti akan merusak harmoni lagu dan musik, tapi dalam musik rock yang bising, crash simbal ini bisa menambah "ngerock", jadi bagus. Kesimpulannya gunakan simbal sesuai kebutuhan musik atau lagu.

Posisi notasi di atas mengikuti versi musescore - sebuah aplikasi musik untuk membuat partitur / aransemen musik yang sudah banyak dipakai di dunia.
Semoga postingan bermanfaat.



updated Juli 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel