Belajar Feeling ( melodi )

Cara melatih feeling musik atau lebih spesifik lagi melatih feeling melodi alat musik gitar atau  keyboards atau apapun alat musiknya pada dasarnya sama. Melatih feeling bas juga sama seperti alat musik lain.

Pernahkah anda melihat orang bermain melodi lagu tanpa melihat notasi ? Pernahkah anda melihat orang bisa memainkan melodi lagu dengan variasi melodi  / improvisasi ?  
Saya sering melihat orang seperti itu.

Orang yang bermain melodi seperti  itu adalah orang yang bermain melodi  dengan menggunakan  feeling . Dalam bahasa Indonesia feeling artinya perasaan atau rasa. Saya akan gunakan kata feeling untuk selanjutnya karena kata feeling  sudah sangat populer  di kalangan orang musik.

Biasanya orang yang bisa bermain melodi seperti itu adalah orang yang sudah cukup lama belajar musiknya, misalnya sudah 2 tahun lebih.  Tapi jika anda punya semangat untuk belajar melodi lagu dan improvisasi, mungkin anda bisa kurang dari 2 tahun, tergantung dari semangat  dan pembimbing.

Sekarang saya ingin berbagi cara belajar feeling. Mungkin tiap orang berbeda cara belajarnya atau  berbeda ilmunya. Di sini saya akan membahas cara belajar feeling tidak berdasarkan buku teori ( saya tidak tahu, ada atau tidak, buku belajar feeling ), tapi saya akan bahas berdasarkan pengalaman saya pribadi.


Pertama
Suara anda harus bisa menyesuaikan dengan alat musik. Istilah umumnya  suara anda masuk.
Bagi anda yang suaranya tidak masuk (sumbang) atau sulit masuk. Maka anda harus belajar menyanyi dulu. Maksudnya bukan belajar menyanyi seperti penyanyi, tapi  belajar menyanyi agar suaranya masuk (tidak fals).
Mungkin anda heran, kenapa harus belajar menyanyi ?  ini ‘kan tentang belajar  melodi lagu pakai alat musik, tidak ada hubungannya dengan menyanyi.
Sepintas tidak ada hubungannya, tapi sebenarnya sangat berhubungan.   Karena orang yang tidak bisa menyesuaikan suara dengan alat musik, nantinya pun tidak akan bisa membedakan mana yang sumbang dan mana yang tidak sumbang. Dengan kata lain, tidak bisa membedakan suara not. Jadi suara jangan fals merupakan hal yang utama dalam belajar feeling untuk melodi.


Kedua
Yang harus anda tahu adalah kunci melodi / scale / tangga nada, karena kunci melodi  merupakan pedoman/penuntun dalam berpindah dari not ke not. Contohnya begini, Jika anda ingin mamainkan melodi musik  blues tapi anda menggunakan kunci melodi  musik pop, maka tidak akan bisa seperti melodi blues. Tiap jenis musik itu ada scalenya ada feel-nya masing-masing.

Lalu kunci melodi apa yang harus digunakan untuk belajar  feeling ?

Gunakan kunci melodi major terlebih dahulu, jika anda belum tahu kunci melodi major, anda bisa membaca judul  Kunci Melodi C, atau saya tampilkan saja gambarnya ( alat musik gitar ) supaya anda tidak repot membuka halaman lain.  Lihat gambar di bawah ini !


gambar tangga nada c pada gitar


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Keterangan :
Gambar di atas C – D – E _ F – G – A – B – C = 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 1 = Do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Warna merah oktaf yang lebih tinggi.

Ketiga
Anda harus betul-betul hapal  tempat-tempat melodi di atas, karena jika anda hanya hapal sedikit akan menjadi percuma.  Nantinya anda akan menekan senar yang bukan tempatnya. Singkatnya anda akan banyak salah dan anda tidak akan pernah bisa melodi lagu. Perlu anda tahu mereka yang jago-jago main melodi, sangat hapal tempat-tempat melodi. Karenanya mereka bisa main melodi tanpa melihat senar gitar. 

Keempat
Mulai belajar dengan lagu yang sederhana, saya sarankan lagu anak-anak.
Terlebih dahulu, pastikan suara anda masuk pada nada dasar C, lalu cari not awalnya (not permulaan lagu), cara mencarinya pegang akor C. Dalam akor C itu ada not C (do), E (mi)  dan G (sol).  Dari 3 not itu, coba satu per satu, mana yang betul atau masuk. Ini untuk lagu yang dimulai dari major.

Untuk lagu yang dimulai akor minor, mencari not awalnya dari C (do), E (mi) dan A (la)

Berikutnya,  cari not lanjutan dari lagu itu. Caranya dengan dicoba-coba, tapi mencarinya  harus pada tempat-tempat  not kunci melodi C ( lihat gambar ). Setelah anda mendapatkan not-not lagu itu, hapalkan. Akan lebih baik jika anda memiliki buku lagu yang ada notasinya, tujuannya jika anda menemukan satu atau dua not yang sulit, maka anda bisa melihat notasinya dari buku itu. 
Asal tahu saja banyak lagu anak-anak yang ada notasi angkanya di internet. Anda bisa cari lagu yang anda sukai. 
Jika dalam lagu anak-anak itu ada tanda # (kres) atau b (mol).  Biasanya dalam notasi angka pakai tanda / untuk kres dan  tanda \  untuk mol.
Tanda kres artinya not naik 1/2 nada, arti naik 1/2 adalah not lebih tinggi 1/2 nada

Tanda mol aetinya not turun 1/2 nada, arti turun 1/2 adalah not lebih rendah 1/2 nada.
Namun lagu anak-anak sangat jarang menggunakan tanda kres atau mol. Dalam teori musik tanda kres dan mol itu disebut tanda aksidental.

Kelima
Setelah anda menemukan melodi lagu, dan menghapalkannya, anda harus sering mengulangnya atau harus sering dimainkan. Akan lebih baik jika anda bermain melodi lagu ada musik pengiringnya, misalnya teman anda.  Ini sangat berpengaruh pada feeling anda. Biasanya orang yang baru belajar feeling kadang telat masuk, kadang kecepatan. Oleh sebab itu jika anda sering bermain musik dengan teman anda, maka feeling anda akan semakin baik.

Jadi begitulah cara belajar feeling melodi.  Bagi anda yang sudah mahir main melodi, pastinya akan mengerti  apa yang saya uraikan di atas.

Belajar musik perlu semangat yang besar, rajin, tekun, dan ada pembimbing. Itu adalah kuncinya. Pembimbing itu bisa berupa teman, bisa buku, atau fasilitas lain seperti internet (website atau youtube). Pokoknya cari sumber yang bermutu.

Postingan ini terutama ditujukan kepada orang yang baru belajar melodi. Dalam hal ini melodi dalam banyak alat musik, jadi ini bukan untuk gitar saja. Alat musik lain pun bisa, secara teori boleh dibilang sama teori musik itu.
Jika ada hal yang kurang jelas, silakan anda bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepat mungkin.
Semoga postingan ini berguna.



updated Juli 2020

Iklan Atas Artikel

Tengah 2

Tengah

Iklan Bawah Artikel