Mengenal Not Angka

Belajar not angka atau teori not angka tidak serumit not balok. Di sini pembahasan cukup lengkap sehingga bisa dijadikan pedoman untuk membaca notasi angka sebuah lagu.

Not angka merupakan bentuk penulisan notasi musik yang paling banyak digunakan di Indonesia. Belajar  not angka sebaiknya mulai dari dasar supaya nantinya tidak tanggung. Maksudnya jangan sampai tahu setengah-setengah, nantinya tidak bisa membaca not angka dengan baik.

Sebelum membahas not angka, saya akan bahas dulu hal-hal yang berhubungan dengan notasi angka pada sebuah lagu, di antaranya :

1. Tempo
Tempo berfungsi untuk menentukan cepat atau lambatnya sebuah lagu atau musik, biasanya diletakkan pada bagain atas lagu, contoh andante, allegro dan lain-lain. Sekarang umumnya ditulis pakai angka, misalnya 70, 96 dan lainnya. Jika anda tidak tahu tempo maka tidak akan bisa membaca not angka dengan baik, karena tempo berpengaruh pada durasi not. Oleh sebab itu tempo menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari not. Tanpa tempo mungkin kita akan salah  memainkan lagu, misalnya lagu lambat dimainkan dengan tempo sedang, atau sebaliknya. Hal ini dapat menghilangkan rasa dari lagu yang bersangkutan. Bagi anda yang belum tahu tentang tempo musik, silakan buka postingan yang berjudul Tempo Musik ada dalam kategori Teori Musik ( menu di sebelah kiri ).

2. Nada dasar
Biasanya nada dasar ini diletakkan di atas sebuah lagu, misalnya Do = C. Artinya bahwa lagu itu menggunakan nada dasar C ( tangga nada C ).

3. Tanda Sukat / Birama
Ini berhubungan dengan ketukan (beat)  yang berada pada birama. Contoh tanda sukat adalah 2/4, 3/4, 4/4 dan lain-lain. Bagi anda yang ngin tahu tanda sukat silakan buka postingan yang berjudul Tanda Sukat atau anda bisa lihat kategori Teori Musik ( menu di sebelah kiri ).

4. Jenis musik
Biasanya jenis musik juga ditulis di atas, contoh slow rock. Ini untuk memudahkan pemain musik dalam memainkan /mengiringi  lagu yang bersangkutan.  Maksudnya agar pemain musik tidak usah  berpikir  tentang musik apa yang cocok untuk lagu itu.  Sebenarnya hal ini tidak mutlak / tidak harus, karena selera orang dalam bermusik berbeda-beda. Jadi  anda dapat merubah jenis musik yang sudah ada dalam buku dengan jenis musik  yang lain, yang lebih enak tentunya.

Empat poin di atas biasanya ada pada  lagu yang menggunakan notasi angka. Baiklah sekarang bahas not angka. Ada beberapa tanda atau simbol dalam not angka yang harus diketahui di antaranya :


1. Notasi
Dalam not angka penulisannya dimulai dari angka 1 sampai 7 dengan rincian sebagai berikut :
1 = do    2 = re     3 = mi    4 = fa     5 = sol  6 = la      7 = si
Kita terapkan notasi itu pada gitar dan piano dalam nada dasar C, lihat gambar di bawah :


gambar gitar dan piano tangga nada

2. Tanda Titik ( . )
Tanda titik sebagai tanda oktaf  untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah.


gambar tanda oktaf not angka


Pada bar ke-1 adalah notasi normal.
Pada bar ke-2  ada tanda titik di atas, artinya notasi tersebut berada pada oktaf lebih tinggi  (1 oktaf ) dari notasi yang normal
Pada bar ke-3 ada tanda titik di bawah, artinya notasinya  lebih rendah 1 oktaf dari notasi normal.
Selain itu ada tanda titik di atas maupun di bawah yang jumlahnya 2 buah. Jika ada tanda titik 2 buah secara vertikal di atas not artinya not itu memiliki 2 oktaf lebih tinggi dari not normal. Begitu juga dengan titik di bawah, artinya lebih rendah 2 oktaf dari not yang normal ( tanpa titik ).
Namun tanda 2 titik ini sangat jarang digunakan, karena sebuah lagu sangat jarang yang memiliki range sebanyak 3 oktaf.

Tanda titik sebagai nilai not contohnya :
| 2 . . . |  artinya not re (2) memiliki nilai 4 ketuk. Rinciannya 1 ketuk not re dan 3 titik = 3 ketuk. Jadi tanda titik itu mewakili 1 ketuk. 
| 2 . 3 . | artinya not re (2) memiliki 2 ketuk dan not mi (3) memiliki 2 ketuk.

3. Nilai Not, ( lihat gambar )


gambar nilai not angka

Di bawah tulisan Not  1 Ketuk  ada notasi  tanpa garis atas, artinya nilai not 1, 2, 3, 4 masing-masing bernilai 1 ketuk. Dalam not balok disebut not 1/4

Di bawah tulisan Not  1/2 Ketuk  ada notasi  yang atasnya memiliki 1 ( satu ) garis horisontal, artinya not 1, 2, 3, 4 masing-masing bernilai 1/2 ketuk. Dalam not balok disebut not 1/8

Di bawah tulisan Not  1/4 Ketuk  ada notasi  yang atasnya memiliki 2 ( dua  ) garis horizontal, artinya not 1, 2, 3, 4, 1, 2, 3, 4, masing-masing bernilai 1/4 ketuk. Dalam not balok disebut not 1/16

Di bawah tulisan Not  1/8 Ketuk  ada notasi  yang atasnya memiliki 3 ( tiga ) garis horizontal, artinya not 1, 2, 3, 4, masing-masing bernilai 1/8 ketuk. Dalam not balok disebut not  1/32

Sebenarnya masih ada not 1/16, 1/32, tapi not tersebut jarang dipakai.

4. Tanda Diam
Dalam not angka tanda diam ( tanda istirahat ) ditulis dengan tanda bulat ( angka nol ) contohnya :
| 0 0 0 0 | artinya diam / istirahat sebanyak 4 ketuk. Tanda 0 = 1 ketuk
| 2 0 0 0 | artinya diam / istirahat sebanyak 3 ketuk. Setelah dibunyikan not re lalu diam 3 ketuk.
Tanda diam ini durasinya sama persis dengan nilai not. Jadi anda tinggal bandingkan saja nilai not dan tanda diam. Singkatnya tinggal lihat notnya dan lihat garis di atas not jika ada. Misalnya ada not seperti di bawah ini :
0 2  artinya diam 1 ketuk lalu bunyikan not re (2) durasinya 1 ketuk. Jika di atas kedua angka itu ada tanda 1 garis, artinya diam 1/2 ketuk lalu bunyikan not re (2) durasinya 1/2 ketuk.

Selanjutnya saya akan beri contoh tanda / simbol yang lain :


gambar not angka pengulangan slur

Keterangan gambar :
Di atas angka 1 dalam lingkaran ada tanda ll: artinya sebagai tanda awal pengulangan, tanda ini harus berpasangan dengan tanda :ll
Kalau notasi di atas dimainkan, maka artinya dimainkan 2 x
Di atas angka 2 dalam lingkaran ada tanda garis lengkung, itu disebut slur atau legato. Tanda itu artinya menyambungkan not 3 dengan not 4. Singkatnya ketika not 3 ( mi ) dimainkan saat suaranya belum berhenti lalu pindah ke not 4 (fa).
Di atas angka 3 dalam lingkaran ada angka 1 diberi garis tengahnya. Itu adalah tanda kres dalam not angka. Fungsinya menaikkan not tersebut sebanyak 1/2 not.

Berikutnya cara membaca notasi yang diberi tanda mol ( \ ) dan tanda kres ( / ), lihat gambar di bawah ini, ada perbedaan membaca tanda mol dan tanda kres.
Yang pertama adalah not dengan tanda mol ( \ ), artinya not turun ½ nada, cara membacanya seperti di bawah ini.


gambar tanda mol not angka



Jika sebuah not dinaikkan ½ nada (diberi tanda / )  maka cara membacanya, lihat notasi di bawah.



gambar tanda kres not angka


Mungkin uraian di atas tidak lengkap, tapi jika anda ingin bertanya lebih detail silakan tanya lewat komentar.  Tidak ada gading yang tak retak. Jadi saya butuh koreksi dari anda.
Postingan ini saya tujukan bagi anda yang baru belajar not angka. Jika ada hal yang tidak jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. 
Semoga postingan ini bermanfaat.



updated Juli 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel