Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Not Angka ke Not Balok

Cara menterjemahkan not angka ke not balok atau cara merubah not angka menjadi not balok atau translate not angka ke not balok yang dibahas di sini.

Saya sengaja mengambil lagu yang berjudul Garuda Pancasila, pencipta lagu Prahar dan Sudharnoto, alasannya karena tanggal penulisan artikel ini berdekatan dengan Hari Lahir Pancasila yaitu 1 Juni.

Saya tidak menemukan naskah atau lagu aslinya di internet. Sehingga notasi yang saya tampilkan di bawah ini mungkin juga tidak orsinil. Sumber saya untuk lagu ini adalah beberapa website yang saya kunjungi. Walau notasi ini bersumber dari mereka, jangan heran jika ada sedikit perbedaan, karena sudah diedit


not angka ke not balok garuda pancasila


Klik gambar untuk memperbesar.

Keterangan :

Tanda birama 4/4, nada dasar C,

Pada partitur di atas ada tanda garis lengkung disebut legato ( slur ) artinya bahwa notasi tersebut harus tersambung ( jangan terputus ).

Di dalam not angka, nada dasar tidak berpengaruh pada penulisan notasi. Maksudnya jika nada dasar F diganti menjadi nada dasar G, maka penulisan notasinya tetap seperti di atas. Berbeda dengan not balok, setiap nada dasar memiliki tempat penulisan yang berbeda.

Agar notasi di atas mudah diterjemahkan ke dalam notasi balok maka kita harus tahu tangga nada dalam not balok. Dibawah ini tangga nada C dan not angka ada di bawah not baloknya.


gambar tangga nada c not balok

Keterangan :

Yang berwarna hijau adalah not rendah diberi titik di bawah dan yang diberi titik di atas adalah not yang tinggi. Setelah kita tahu tangga nada itu, kita tinggal masukan not angka itu ke dalam garis paranada not balok.

Pada bar ke-1 partitur not angka ada tanda istirahat ( 0 0 0 ) dalam not balok ditulis seperti itu ( lihat gambar not balok di bawah ) – jika belum jelas, baca Nilai Not dan Tanda Diam yang link-nya ada di bawah. Kemudian pada bar itu ada ( 5 5 ) diberi garis atasnya sebagai tanda garis pembagi. Artinya not 5 ( Sol ) itu bernilai ½ ketuk ( dalam not balok diberi 1 bendera ). Tempatkan pada garis paranada not balok not 5 5 itu di bagian bawah ( lihat gambar tangga nada C di atas ). Kemudian lihat not balok Garuda Pancasila di bawah, bandingkan.

Pada bar ke-2 partitur not angka ada not 1 1 2 2, anda tinggal tempatkan 11 itu posisinya ada pada not C yang bawah ( not balok ). Kemudian 2 2 pada posisi not D. Lihat lagu Garuda Pancasila not balok di bawah. Jika anda sudah membaca tentang Nilai Not dan Tanda Diam link di bawah, pasti anda akan lebih mengerti.

Untuk bar-bar berikutnya tinggal lihat tangga nada C kemudian gunakan itu untuk menempatkan not angka lagu itu ke dalam garis paranada not balok. Sebenarnya tinggal memasukkan not angka itu sesuai dengan gambar tangga nada C.

Hasil akhirnya akan seperti notasi balok di bawah ini.


gambar notasi garuda pancasila c not balok


Jika anda belum tahu sama sekali tentang menterjemahkan notasi angka ke notasi balok, sebaiknya anda membaca beberapa postingan yang saya cantumkan di bagian bawah.

Mengenal Not angka

Cara Membaca Not angka

Tangga Nada C / Kunci Melodi C

Nilai Not dan Tanda Diam

Postingan ini saya tujukan bagi anda yang baru belajar not balok. Jika ada kesulitan, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya belum terbayang sulitnya apa. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepatnya.

Semoga postingan ini bermanfaat.