Not Balok ke Not Angka

Menterjemahkan not balok ke not angka atau cara mengubah not balok menjadi not angka ( translate not balok ke not angka ) yang dibahas kali ini. Dibahas dengan contoh sederhana, sehingga mudah dimengerti.

Dibawah ini adalah gambar not balok yang saya bikin,  tidak berdasarkan lagu tapi berdasarkan  poin-poin yang akan saya bahas. Not balok ini bernada dasar G.
Perlu diketahui bahwa didalam not balok bila nada dasar berbeda-beda maka tempat / posisi notasi pun berbeda-beda. Sementara dalam notasi angka tidak mengenal posisi notasi.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar notasi balok g



Sebelum menterjemahkan ke dalam notasi angka kita harus tahu tangga nada G pada not balok agar mudah dalam menterjemahkannya. Di bawah ini tangga nada G not balok dengan disertai angka untuk not angka.

gambar tangga nada g contoh


Diterjemahkan ke dalam not angka menjadi  seperti di bawah ini.


gambar not angka terjemahan


Keterangan :
Not balok di atas bernada dasar G dengan tanda sukat  4/4. 

Pada Bar ke-1 (gambar not balok) di bawah angka 1 ada not G nilainya 1/4, dan 3 not yang lainnya pun (termasuk di bawah angka 2) masing-masing bernilai 1/4. Dalam not angka not 1/4 itu bernilai  1 ketuk. 

Pada Bar ke-2  (gambar not balok) di bawah angka 3 ada not 1/8 sebanyak 2 buah. Di dalam not angka not 1/8 itu bernilai 1/2  ketuk.
Pada Bar ke-2  (gambar not balok) di bawah angka  4 ada not 1/4 di depannya ada titik. Arti titik itu adalah menambah setengah (1/2 ) dari nilai not yang bersangkutan. Kalau notnya bernilai 1/4  maka nilai not itu menjadi 1/4 + ( 1/4 : 2 ). Dalam not angka, not tersebut bernilai 1 ketuk, jika diberi titik 1/2  ketuk, maka nilai not tersebut menjadi 1 ½ ketuk.
Pada Bar ke-2  (gambar not balok) di bawah angka 5 ada tanda diam bernilai 1/8. Dalam not angka tanda diam itu bernilai 1/2 ketuk.

Pada Bar ke-3  (gambar not balok) di bawah angka 6 ada not bernilai 1/16  sebanyak 4 buah. Dalam not angka not tersebut bernilai  1/4 ketuk.
Pada Bar ke-3  (gambar not balok) di bawah angka  7 ada not bernilai 1/2 tambah 1 titik jadi nilainya 3/4. Dalam not balok not itu bernilai 3 ketuk.

Pada Bar ke-4  (gambar not balok) di bawah angka 8 ada garis lengkung  disebut  slur, dalam not angka pun disebut slur atau legato.
Pada Bar ke-4  (gambar not balok) di bawah angka 9 ada  tanda istirahat (diam)  nilainya 1/4. Dalam not angka disebut  1 ketuk, tandanya sebuah angka 0.
Pada Bar ke-4  (gambar not balok) di bawah angka 10 ada  tanda istirahat (diam)  nilainya 1/2. Dalam not angka disebut  2 ketuk, tandanya adalah 2 buah angka 0.

Pada Bar ke-5  (gambar not balok) di bawah angka 11 ada 3 not yang bawahnya bergaris dan ada angka 3. Itu tanda triplet artinya 1 not dibagi 3. Triplet itu bisa membagi 3 semua not. Contohnya not 1/2 bisa dibagi 3. Dalam not angka triplet ditulis seperti di atas.
Pada Bar ke-5  (gambar not balok) di bawah angka 12 ada tanda kres (#) artinya not itu naik 1/2. Dalam not angka pun artinya not itu naik ½  (garis miring / )

Pada Bar ke-6  (gambar not balok) di bawah angka 13 ada not G tinggi dalam not balok tidak diberi apa-apa. Dalam not angka diberi  titik di atas not  tersebut ( lihat gambar partitur not angka ).

Pada Bar ke-7  (gambar not balok) di bawah angka 14 ada not B dan G rendah, dalam not balok tidak diberi apa-apa. Dalam not angka diberi titik di bawah not-not  tersebut.

Pada Bar ke-8  (gambar not balok) di bawah angka 15 ada tanda istirahat (diam) penuh. Dalam not angka tanda diam penuh itu ditulis dengan 4 buah angka 0.

Cara menterjemahkan not balok ke angka, anda tinggal lihat posisi not balok lalu lihat angka yang ada pada Tangga Nada G not balok. Contoh : jika di dalam not balok lagu ada not pada garis ke-2, lihat garis ke-2 itu angkanya berapa (angka di bagian bawah ), ada angka 1 ( Do ). Maka tulislah not angkanya 1, berikutnya ada not pada spasi ke-2 ( not balok ) lalu lihat angkanya berapa, angka di bawahnya 2 ( Re ). Tulislah angka 2. Lakukan untuk notasi berikutnya.

Bagi anda yang merasa kurang jelas dengan  postingan ini sebaiknya baca postingan pendukung yakni :

Sebenarnya masih ada beberapa lagi. Sebaiknya buka kategori Teori Musik yang terletak di bagian samping kiri, di situ anda akan menemukan banyak teori musik not balok.

Postingan ini terutama ditujukan bagi yang baru belajar notasi balok dan angka. Jika ada hal yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak.
Semoga postingan ini bermanfaat.

Updated Juli 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel