Drum Musik Bossa Nova

Drum musik bossa nova atau ketukan drum bossanova dibahas di sini, disertai contoh notasi drum dan video / audio untuk  mendengar notasi tersebut, sehingga mudah dimengerti. Sebelumnya saya  akan cerita sedikit  tentang bossa nova ini.

Bossa nova terdiri dari 2 kata yakni bossa dan nova namun di Indonesia seringkali ditulis bossanova (digabungkan) padahal itu terdiri dari 2 kata, bossa nova artinya trend baru. Bossa nova adalah musik  yang berasal dari Brazil, diciptakan oleh Joao Gilberto, dipopulerkan oleh Antonio Carlos Jobim dan Vinicius de Moraes.

Bossa nova bersumber  dari musik jazz dan samba. Alat musik  yang biasa digunakan adalah gitar akustik senar  nilon, piano, organ, bas akustik dan drum. Bossa nova tergolong pada "keluarga jazz",  orang seringkali menyebut sebagai jazz latin atau jazz samba.
Baiklah kita lihat beat (ketukan) drum bossa nova dalam notasi, di bawah ini beberapa contohnya.


contoh beat drum bossa nova partitur


Keterangan gambar :
Diurutkan dari atas ke bawah,
Contoh 1 menggunakan :  closed hi-hat, open hi-hat, side stick, dan bas drum.
Contoh 2 menggunakan : Ride symbal, side stick, bas drum dan pedal hi-hat.
Contoh 3 menggunakan : Closed hi-hat, side stick, bas drum dan claves.

Bagi anda yang belum tahu alat musik claves bisa dilihat di bawah ini.




Claves ini dimainkan dengan cara dipukulkan. Caranya pegang claves di tangan kanan dan kiri, lalu yang 1 pukulkan kebagian tengah claves yang lainnya. Agar lebih jelas anda bisa lihat di youtube.

Side stick adalah cara/tehnik  memukul drum agar suaranya berbeda dengan pukulan biasa. Caranya   letakkan stik di atas snare drum, bagian yang ujung kecilnya berada di dalam lingkaran snare dan bagian yang besarnya  melewati  kerangka snare drum. Lalu letakkan tangan di tengah-tengah snare drum di atas stik itu, gunakan telunjuk dan ibu jari untuk mengangkat lalu memukul kerangka snare tersebut. Lihat di youtube jika ingin jelas.
Dalam musik bossa nova tehnik side stick sering digunakan, boleh dibilang ciri khasnya.

Jika anda ingin mendengar notasi di atas silakan klik video di bawah ini.




Pada video di atas menggunakan Tempo 140, sesungguhnya tidak harus 140. Maksudnya sesuaikan ketukan drum dengan lagu yang akan dimainkan.
Semoga postingan ini berguna bagi anda.


updated Juli 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel