Cara Membaca Not Angka

Cara Membaca Not angka dibahas kali ini, disertai notasi angka sederhana dan video / audio untuk mendengar notasi tersebut, sehingga mudah dimengerti.

Bagi anda yang belum tahu tentang not angka sebaiknya anda membaca terlebih dahulu postingan yang berjudul Mengenal Not Angka.
Sebelum membaca not angka, ada hal yang harus diketahui yaitu Tempo. Karena tanpa tempo, notasi tidak bisa dibaca dengan baik. Maksudnya bisa terjadi kesalahan, misalnya lagu bertempo sedang dibaca lambat atau sebaliknya. Singkatnya tempo menjadi  satu paket dengan notasi.
Baiklah sekarang kita coba membaca notasi dengan tempo 60.


gambar nilai not angka untuk latihan


Keterangan :
Notasi di atas ada 3 bar, dengan ketukan 4/4.
Pada bar ke-1 ada not do re mi fa masing-masing bernilai 1 ketuk
Pada bar ke-2 ada not do re sebanyak 4 kali masing-masing bernilai 1/2 ketuk
Pada bar ke-3 ada not do mi do mi sebanyak 4 kali masing-masing bernilai 1/4 ketuk.

Gunakan alat musik misalnya piano, gitar atau yang lainnya.

Baca mulai bar ke-1 dengan menggunakan kaki dan jam dinding sebagai alat bantu.
Caranya, ketika kaki menginjak lantai tekan not Do ( angka 1), lalu kaki angkat dan injak lagi lantai bersamaan tekan not Re ( angka 2 ). Jarak waktu antara injakan lantai pertama (not Do) dan kedua (not Re) harus berdurasi 1 detik. Berikutnya lakukan hal sama untuk not Mi dan Fa. Supaya lebih mudah, lihat jarum panjang  pada jam dinding dan ikuti perpindahan setiap detiknya dengan satu injakan.
Intinya,  perpindahan dari not ke not harus berdurasi 1 detik karena temponya 60. Jika temponya 72 maka durasinya juga berbeda.

Bar ke-2 dengan nilai not 1/2 ketuk. Perpindahan dari not Do ke not Re harus berdurasi 1/2 detik dan not Re ke not Do juga harus 1/2 detik
Prosesnya begini :
Saat kaki menginjak lantai, tekan not Do, lalu angkat kaki ke atas, pada posisi kaki paling atas tekan not Re. Lalu kaki ke bawah menginjak lantai  lagi bersamaan tekan not Do lalu angkat lagi, kaki posisi paling atas tekan not Re lagi. Lakukan hal yang sama untuk not berikutnya.

Bar ke-3 dengan nllai 1/4 ketuk. Perpindahan dari not ke not harus berdurasi 1/4  detik.
Prosesnya begini :
Ketika kaki menginjak lantai tekan not Do lalu tekan not Mi saat kaki berada di tengah-tengah antara lantai dan posisi kaki paling atas. Lalu tekan not Do saat kaki berada di posisi paling atas, lalu tekan Mi saat kaki berada di tengah-tengah antara kaki  posisi paling atas dan lantai, lakukan seperti itu untuk not-not berikutnya.
Coba notasi di atas pelajari dan mainkan kemudian bandingkan dengan video di bawah ini.
Jika betul memainkannya maka akan terdengar seperti video ini.




Sebetulnya jika anda sudah membaca postingan "mengenal not angka" dan "tempo" dan mengerti postingan yang ini, Artinya anda sudah mengerti cara membaca not angka. Selanjutnya anda tinggal sering berlatih. Dalam musik itu ada istilah "bisa karena biasa" artinya harus sering berlatih.
Postingan ini saya tujukan bagi yang baru belajar not angka. Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak.  Saya akan menjawab pertanyaan anda secepat mungkin
Semoga postingan ini berguna.


Updated Juli 2020

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel