Drum Musik Swing

Ketukan drum musik swing '( beat drum swing ) dibahas kali ini, disertai contoh notasi drum.  Selain itu ada video / audio untuk mendengar ketukan drum swing  tersebut, sehingga mudah dimengerti.

Sebelumnya saya akan ceritakan sedikit  tentang  musik ini.
Musik swing adalah salah satu aliran dari musik jazz yang berkembang sekitar tahun 1930-an sampai 1940-an di Amerika Serikat.  Awalnya musik ini sulit diterima, karena komposisi musiknya kurang sesuai dengan selera masyarakat pada saat itu.  Tapi akhirnya, tepatnya pada tahun 1935 orang-orang  bisa menikmati atau menerima musik tersebut, terutama komunitas Afrika-Amerika. Dan pada gilirannya swing menjadi musik yang terkenal. Namun beberapa tahun kemudian sekitar tahun 1940-an swing  tenggelam. Maklum saat itu Perang Dunia ke-2 sedang bergolak.

Musik swing umumnya menggunakan alat musik : drum, piano, gitar, bas  dan alat tiup. Kadangkala musik swing hanya menggunakan 3 alat musik, drum, bas gitar dan piano (dalam acara live).

Musik swing memiliki beat drum yang cukup bervariasi. Di bawah ini adalah contoh yang sederhana dan yang paling sering dipakai oleh para drummer.


contoh beat drum musik swing partitur


Dari gambar di atas tampak bahwa drum swing memiliki beat yang tidak jauh dari musik country.  Tapi ada juga beat drum swing yang banyak menggunakan snare drum sebagai variasi. Misalnya dalam 1 bar lebih dari 2 snare drum, maksudnya seperti  ‘ropel pendek’.
Agar lebih jelas, silakan putar video di bawah ini untuk mendengar notasi di atas.




Pada video di atas ada tempo musiknya, namun jika anda akan memainkan beat drum di atas sebaiknya sesuaikan tempo dan beat drum dengan lagu / musik yang akan dimainkan.

Untuk mengerti beat drum swing ini, saya sarankan anda banyak mendengarkan musik swing, atau melihat partitur drum swing pada sumber  yang lain.

Drum musik swing termasuk sederhana jika melihat beat yang konstan namun dalam musik swing seringkali menggunakan variasi yang berdasarkan feeling pemain.
Semoga postingan ini bermanfaat.



updated Juli 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel