Drum Musik Rock and Roll

Ketukan drum musik rock and roll ( beat drum rock and roll ) dibahas kali ini, disertai contoh notasi drum. Juga ada video / audio untuk mendengar beat drum tersebut, sehingga mudah dimengerti.

Seperti biasa, sebelum membahas beat/ketukan drum sebuah musik, saya akan  cerita sedikit mengenai  musik yang akan dibahas. Ini tentang musik rock and roll.

Rock and roll adalah musik yang berkembang di Amerika Serikat  pada akhir tahun 1940-an, dan mencapai puncak kepopuleran pada awal tahun 1950-an. Rock and roll bersumber dari musik gospel, tradisional, blues, swing, musik country, boogie-woogie dan R&B. Musik ini biasanya menggunakan gitar elektrik, piano dan drum. Tapi awalnya pernah pakai bas akustik. Selain itu kadang pakai saksofon, dan belakangan kadang pakai organ (keyboards). 

Bentuk awal rock and roll adalah rockabilly yang memadukan unsur-unsur R&B, blues, jazz, dan dipengaruhi musik rakyat Appalachia serta musik gospel.
Rock and roll menggunakan beat yang didasarkan salah satu ritme musik blues yang disebut boogie woogie ditambah aksen backbeat  (ketukan ke-2 dan ke-4 pada tanda sukat 4/4) yang hampir selalu diisi pukulan snare drum.  Rock and roll standar memiliki bar yang sama dengan blues standar  yakni 12 bar. 

Di bawah ini beberapa contoh drum musik rock and roll yang sering dimainkan.


contoh beat drum musik rock and roll

Keterangan gambar :
Contoh 1 diurutkan dari atas ke bawah,  menggunakan open hi-hat, snare drum dan bas drum.
Contoh 2 dan 3 diurutkan dari atas ke bawah,  menggunakan ride symbal, snare drum dan bas drum
Contoh 4 dan 5 diurutkan dari atas ke bawah,  menggunakan open hi-hat, snare drum dan bas drum.

Supaya lebih mudah dimengerti, silakan dengar notasi di atas melalui video ini.




Pada video di atas ada tempo musik, namun anda tidak harus sama temponya dengan notasi di atas. Maksudnya jika akan main beat di atas, sesuaikan tempo dengan lagu / musik yang akan dimainkan.
Untuk lebih mengerti  beat drum rock and roll sebaiknya anda sering-sering  mendengar lagu-lagu  musik rock and roll.

Mungkin masih banyak variasi rock and roll, namun variasi di atas sudah cukup untuk mewakili variasi yang lain. Jika anda  dengar lagu rock and roll maka beat drum-nya tidak akan jauh dari contoh di atas.

Satu hal yang perlu diingat bahwa rock and roll bukanlah hard rock. Sekarang ini orang seringkali menyebut hard rock dengan istilah  rock and roll. Saya pernah lihat video di youtube lagu rock and roll sepanjang masa, ternyata video itu di antaranya berisi lagu-lagu hard rock.

Website/blog di  Indonesia juga ada yang membahas lagu sepanjang masa rock and roll, ternyata yang banyak masuk malah lagu hard rock.

Bagi anda yang masih belum tahu antara musik rock and roll dengan hard rock, saya beri contoh.
Musik Rock and Roll memiliki tokoh yang terkenal di antaranya :
1. Elvis Presley yang dianggap sebagai Raja Rock Roll.
2. Chuck Berry
Anda coba buka youtube dan cari lagu dari kedua tokoh itu. Dengarkan musiknya dengan teliti maka beat drum-nya akan banyak yang sama dengan beat drum di atas.
Catatan : tidak semua lagu Elvis Presley itu musik rock and roll.

Sementara dalam musik Hard Rock, sepengetahuan saya tidak ada yang dianggap sebagai raja hard rock. Jika anda ingin mendengar musik hard rock, coba anda dengarkan lagu dari Deep Purple dengan judul lagu Smoke On The Water dan Highway Star. Nah itulah hard rock. Namun jika anda mendengar lagu "soldier of fortune" dari Deep Purple, itu namanya musik slow rock.

Musik hard rock dan rock and roll memiliki sejarah yang berbeda. Itu beda jenis musiknya.

Semoga postingan ini berguna.




updated Juli 2020

Iklan Atas Artikel

Tengah 2

Tengah

Iklan Bawah Artikel