Drum Musik Reggae

Ketukan drum musik reggae ( beat drum reggae ) dibahas kali ini, disertai contoh notasi drum. Selain itu ada video / audio untuk mendengar ketukan drum reggae tersebut, sehingga mudah dimengerti.

Sebelum membahas beat drum musik Reggae,  saya akan mengulas sedikit tentang musik ini.
Reggae adalah musik yang berasal dari Jamaika, lahir akhir 1960-an. Musik ini bersumber dari musik Mento  (musik tradisional), R&B, Jazz, Ska, Rocksteady dan Soul (dari sumber yang pernah saya  baca). Tapi jika kita dengar musik Reggae dengan seksama maka kita akan berksimpulan bahwa Reggae adalah musik yang berakar  dari musik Ska dan Rocksteady.  Perbedaannya Reggae lebih lambat dari musik Ska  dan “beda-beda tipis” dengan musik Rocksteady.  Boleh dibilang bahwa Ska, Rockstedy dan Reggae adalah 1 keluarga. Dan induknya adalah Ska. Ini menurut saya, pendapat boleh berbeda.

Reggae biasanya menggunakan alat musik : gitar elektrik, bas gitar elektrik, drum kit + perkusi, organ, piano dan  alat musik brass contohnya trombone dan  trumpet.
Sementara  beat drumnya cukup bervariasi. Di bawah ini saya sertakan notasinya yang sederhana.


contoh beat drum musik reggae partitur

Pada variasi ke-5 saya hanya mencantumkan hi-hat saja, untuk snare drum dan bas drumnya bisa anda tentukan sendiri. Bas drumnya bisa berada pada ketukan berapapun, begitu juga snare drumnya. Itu adalah keunikan dari drum reggae.

Contoh, umumnya bas drum jatuh pada  ketukan ganjil yaitu ketukan ke-1 dan ke-3 jika dalam ketukan 4/4, tapi dalam musik reggae bas drum bisa jatuh pada ketukan genap, misalnya ketukan ke-2 dan ke-4. Hal itu berlaku juga buat snare drum, maksudnya bisa ditempatkan pada ketukan berapapun, dengan catatan, disesuaikan dengan lagunya.
Jadi untuk mempelajari drum musik reggae, saya sarankan anda untuk mencari partitur drumnya baik pada buku-buku atau website-website ( untuk menambah referensi ).

Perlu anda tahu bahwa drum reggae memiliki variasi yang menggunakan tom tom pada saat verse maupun chorus. Drummer-drummer  lanjutan seringkali menggunakan variasi  tersebut. Untuk mengerti beat yang menggunakan tom tom maka anda harus cari partiturnya atau anda bisa lihat di youtube. Banyak yang meng-upload video tentang variasi drum tersebut.

Supaya lebih jelas mengenai notasi di atas, silakan putar video di bawah ini.




Pada video di atas ada tempo musiknya, namun jika anda akan memainkan notasi di atas, pilih dan sesuaikan tempo dan beat dengan lagu / musik yang akan dimainkan.

Notasi di atas hanya beberapa contoh ketukan dari musik reggae, sejatinya musik reggae memiliki banyak variasi ketukan / pukulan.

Ketukan atau beat drum reggae di atas boleh dibilang yang sering digunakan waktu lalu. Coba anda dengar lagu-lagu reggae Indonesia, ketukan drumnya umumnya terdengar 1 bas dan 1 snare bergantian seperti contoh partitur di atas.
Sekarang ini banyak drummer luar negeri kalau bermain musik reggae, beat drumnya tidak seperti di atas atau tidak standar. Mereka kebanyakan menggunakan banyak variasi seperti ropel pendek. Kalau kita perhatikan, mereka itu bermain dengan "feel" artinya tidak terikat oleh partitur. Bermain seperti itu boleh-boleh saja, asalkan tidak mengganggu harmoni musik.
Semoga postingan ini berguna.



updated Juli 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel