Drum Musik Disco

Ketukan drum musik disco ( beat drum disco ) dibahas kali ini, disertai contoh notasi drum. Selain itu ada video / audio untuk mendengar ketukan drum disco tersebut, sehingga mudah dimengerti.

Sebelum membahas itu, saya akan ceritakan sedikit tentang musik tersebut.
Musik Disco adalah musik untuk dansa yang berkembang pada tahun 1970-an di Amerika Serikat. Musik ini awalnya digemari oleh kaum minoritas – kaum the black, namun makin lama musik ini menjamur ke pelosok dunia. Bahkan para anak muda Indonesia pun ketularan dansa saat itu, maksudnya anak muda yang “gaul”.

Musik disco umumnya diputar di diskotek-diskotek atau di klub-klub dansa.  Namun selanjutnya diputar di radio-radio. Akhirnya musik disco terjual laris. Sejak saat itu muncullah lagu-lagu disco yang komersial.

Musik disco bersumber dari musik Funk, Soul, Latin, Pop Rock, dan lainnya. Musik ini biasanya menggunakan alat musik drum, gitar elektrik (melodi, ritem, bas), keyboards, alat tiup dan perkusi.
Sekarang musik disco sudah jarang kita dengar, tapi ada “cucunya” dari musik disco, yakni musik EDM ( Electronic Dance Music ) – ini menurut saya. Boleh dibilang EDM ini sudah cukup lama tapi sampai sekarang EDM masih dominan di blantika musik Amerika Serikat, bahkan lagu-lagunya mendominasi tangga lagu di Billboards.

Baiklah kita lihat contoh beat drum musik disco di bawah ini.


gambar notasi drum musik disco

Dari 4 contoh di atas ada kesamaan, yaitu bas drumnya. Setiap bar  memiliki 4 buah not yang masing-masing bernilai 1/4 dan bas drum 4 ketuk pada setiap birama menjadi ciri khas dari musik disco.

Supaya lebih jelas tentang notasi di atas, silakan putar video di bawah ini.





Pada video di atas ada tempo musiknya, namun jika anda akan bermain notasi di atas, sesuaikan tempo dan beat dengan lagu / musik yang akan dimainkan.
Drum musik disco tidak memiliki banyak variasi, hampir setiap mendengar musik disco -  beat drumnya tidak berbeda jauh.
Semoga postingan ini berguna.



updated Agustus 2020


Postingan di bawah ini untuk memperbaiki masalah crawl google. Ini belum tentu berhasil. Tapi tidak ada salahnya mencoba.


Di masa kejayaan tahun 70-an dan 80-an, musik disko difitnah oleh banyak musisi rock dan pop saat itu sebagai genre yang tidak memiliki otak, secara teknis simplistik yang dirancang semata-mata untuk melayani budaya klub yang memanjakan diri sendiri, berbahan bakar kokain di kota besar Amerika.

postingan ini saya ambil dari blog luar negeri diterjemahkan oleh google.

Namun, sejak itu, karya seniman seperti Bee Gees, Chic dan Georgio Moroder telah dinilai kembali dan diterima sebagai pencapaian dan perintis musik, dan pengaruhnya terhadap gaya musik dansa modern - terutama house dalam segala bentuknya - terlihat jelas. Oleh karena itu, konstruksi ketukan drum disko klasik adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh setiap produser elektronik.

Mungkin terjemahan google kurang akurat, namun cukup bisa untuk dimengerti. Walau agak ini.

Drum dalam disko memang cukup sederhana dibandingkan dengan genre lain, tujuan utama mereka adalah untuk tanpa henti menginjak tendangan empat-ke-lantai yang sangat penting dan mengisi ruang di antaranya dengan desis khas dari open hi yang offbeat. -topi.

Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan cara menggabungkan alur disko seperti itu. Kit drum virtual apa pun harus sesuai dengan tugasnya, tetapi idealnya Anda ingin kit tersebut dibuat di atas sampel drum antik dan dicampur agar terdengar cukup kering. Penting juga bahwa instrumen pilihan Anda mendukung grup choke, karena kami akan menggunakan banyak open hi-hats.

Di bawah ini langkah memainkan beat drum disco tapi saya tidak membaca semuanya.

Langkah 1: Pertama, mari kita mulai ketukannya dengan pukulan kick drum di setiap not seperempat bar. Anda dapat merekam ini menjadi track klik atau menggambarnya ke editor piano roll DAW Anda. Jika Anda memilih opsi kedua, pindahkan setiap pukulan sedikit keluar dari kisi untuk sedikit sentuhan ketidaksempurnaan manusia.

Langkah 2: Selanjutnya, snare drum, yang dimainkan pada ketukan 2 dan 4 - ketukan latar. Sekali lagi, Anda dapat merekam atau menggambar ini, tetapi jika Anda menggambarnya, bereksperimenlah dengan offset kecil dari kisi untuk memanusiakan alur. Kami telah memprogram milik kami untuk mendarat agak terlambat, memberikan perasaan sedikit malas.

Langkah 3: Hi-hat adalah bahan terpenting dalam setiap irama disko, dan ada beberapa cara untuk mendekatinya. Yang paling sederhana adalah meletakkan serangkaian topi tertutup not kedelapan. Dengan semua pukulan pada kecepatan yang sama, kedengarannya sama sekali tidak realistis - turunkan kecepatan pukulan offbeat untuk memperbaiki hal ini.

Jika anda mengerti postingan, coba bandingkan dengan postingan saya dan gambar di atas.

Langkah 4: Topi dengan nada kedelapan dapat bekerja dengan baik di disko, tetapi sebenarnya, topi dengan nada ke-16 bertangan ganda adalah ciri khas dari genre ini. Salin pukulan offbeat pada nada ke-16 ke kiri dan kanan, lalu hapus yang bertepatan dengan jerat, karena diperlukan dua tangan. Variasikan kecepatan untuk menekankan tangan kanan yang lebih kuat secara halus.

Saya berharap postingan ini bisa menambah kekurangan dari postingan saya.

Langkah 5: Ada satu hal lagi yang kita butuhkan untuk benar-benar menemukan irama kita: hi-hat terbuka yang tidak biasa. Memprogram ini semudah menyeret semua hi-hat tertutup yang tidak biasa ke artikulasi topi terbuka, dan Anda dapat membuatnya tetap pendek dan tersedak, atau segera melepas topi tertutup berikut untuk menghentikannya tersedak, untuk mempertahankan lebih lama.

Langkah 6: Sekarang untuk memperindah irama. Namun, penting untuk menjaga alur terus berputar, jadi jaga agar isian tetap pendek dan rapat. Di sini, kami telah memperpanjang klip menjadi delapan bar dan memasukkan beberapa snare insidental dan variasi hi-hat, tentu saja ingat untuk menghapus snare hit yang bertepatan dengan yang terakhir.

Mungkin postingan ini bisa menjadi referensi buat anda. Beat disco yang ada pada blog itu boleh dibilang sama dengan blog saya. Ciri khas disco adalah bas drum ( kick ) 4 ketuk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel