Drum Musik Country

Ketukan drum musik country ( beat drum country ) dibahas kali ini, disertai contoh notasi drum. Selain itu ada video / audio untuk mendengar ketukan drum country tersebut, sehingga mudah dimengerti.

Sebelum membahas beat drum musik  country,  saya akan bahas sekilas sejarah musik ini.
Musik country dibawa oleh imigran yang tiba di Amerika Utara dan menetap di Amerika Selatan.  Mereka itu berasal  dari luar amerika tepatnya dari Irlandia, Jerman, Spanyol, Itali, dan Afrika. Diantara  mereka (para musisi ) membawa alat musik, lalu mereka bergabung dan menghasilkan musik khas Amerika Utara yang disebut Musik Rakyat Amerika Utara. Musik ini hanya menggunakan alat musik biola, gitar dan banjo. Ini adalah bentuk awal musik country.

Musik Country berakar dari lagu rakyat, gospel dan musik Inggris-Kelt.  Berkembang  sejak tahun 1920-an. Istilah musik country mulai dipakai sekitar tahun 1940-an untuk menggantikan istilah musik hillbilly. Alat musik yang digunakan dalam musik ini adalah gitar,  harmonica, dobro, gitar bas, fiddle (biola), drum, mandolin, dan banjo.

Baiklah sekarang lihat beberapa contoh notasi drum musik country di bawah in.


gambar notasi drum musik country

Jika diurutkan dari atas ke bawah, notasi itu menggunakan closed hi-hat, snare drum dan bas drum.
Gambar di atas merupakan contoh drum country standar. Jika anda bermain drum dan lagu yang dimainkan adalah lagu country, maka anda bisa memilih salah satu contoh drum di atas. Jangan lupa pilih beat yang cocok dengan lagu yang akan dimainkan.

Cara membaca not balok drum sama dengan not balok piano atau alat musik lain, perbedaannya hanya pada posisi dan bentuk notasinya.

Supaya anda lebih mengerti tentang notasi di atas, silakan putar video di bawah ini.





Pada video di atas ada tempo musik, namun anda tidak harus mengikuti tempo tersebut. Maksudnya jika anda akan memainkan beat drum di atas, sesuaikan tempo dan beat dengan lagu/musik yang akan dimainkan.

Drum musik country tergolong tidak sulit sebab variasinya tidak rumit dan biasanya tempo musik country agak cepat.
Semoga postingan ini berguna bagi anda.



updated Agustus 2020



Postingan di bawah ini hanya untuk memperbaiki masalah crawl di google.


Musik country berasal di Amerika Serikat bagian selatan pada tahun 1920-an. Selama pembentukannya, gaya ini sangat dipengaruhi oleh musik folk dan blues. Musik country tidak menampilkan drummer hingga pertengahan 1930-an dan awal 1940-an - dan bahkan kemudian, mereka sering tidak diizinkan di atas panggung karena mereka terlalu keras. Drummer sering harus bermain di balik tirai (terutama di tempat-tempat ikonik seperti Grand Ole Opry di Nashville, Tennessee) sehingga penonton tidak akan melihat mereka. Tetapi pada 1960-an, drummer akhirnya dianggap sebagai bagian reguler dan penting dari suara musik country.

postingan ini berasal dari blog luar negeri diterjemahkan oleh google.

Tidak dapat disangkal bahwa ini adalah salah satu genre musik paling populer di dunia saat ini. Itu berarti setiap drummer harus tahu cara memainkan musik country untuk mengatakan ya pada pertunjukan band itu, sesi rekaman, atau tur nasional. Mempelajari cara memainkan musik country juga akan membantu Anda mengembangkan banyak kosa kata drum baru.

postingan di bawah ini bisa sebagai referensi.

Country sering bersemangat dan energik dan memasukkan unsur-unsur drum rock, jazz, dan blues. Faktanya, banyak alur yang digunakan dalam musik country dapat dimainkan secara bergantian dalam genre-genre lain ini. Sementara masing-masing gaya musik country dapat menampilkan instrumentasi yang sedikit berbeda, sering kali memasukkan biola, banjo, mandolin, gitar akustik dan listrik, gitar baja, bass tegak atau listrik, dan drum. Ini adalah era dan gaya khusus yang menentukan instrumentasi.

Semoga yang saya ambil dari luar ini berguna bagi anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel