Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Drum Musik Blues

Drum musik blues ( beat / ketukan drum musik blues ) dibahas kali ini, disertai contoh notasi drum blues. Selain itu ada video / audio untuk mendengar beat drum blues tersebut, sehingga mudah dimengerti.

Seperti biasa, sebelum membahas beat drumnya, saya akan menceritakan sedikit tentang sejarahnya.

Musik blues lahir dari etnis Afrika-Amerika sekitar tahun 1890 – 1900, berkembang di Amerika Serikat. Kabarnya, musik ini muncul dari penderitaan orang-orang kulit hitam atau lebih tepatnya budak. Mereka menyanyikan lagu sedih ( blues ) saat mereka bekerja di sawah atau setelah pulang kerja. Gambaran penderitaan mereka tertuang dalam lirik-lirik lagu itu.

Konon lagu blues itu awalnya tidak diiringi alat musik, kemudian diiringi gitar. Saya pernah melihat partitur lagu blues diiringi gitar dengan melodi pakai alat musik banjo. Ada berita yang mengatakan bahwa dulu memang pakai banjo.

Pada tahun 1912 lagu “Memphis Blues” menjadi lagu blues yang pertama kali dirilis secara komersial. Dibawakan oleh W.C. Handy - seorang yang berjasa besar dalam musik blues. Kemudian orang ini diberi gelar sebagai “ Bapak Blues”.

Dalam hal musikal, blues standar memiliki 12 bar, tanda sukat 4/4 dan hanya menggunakan 3 akor. Misalnya nada dasar A, susunannya menjadi begini :

A7 = 4 bar

D7 = 2 bar

A7 = 2 bar

E7 = 1 bar

D7 = 1 bar

A7 = 1 bar

E7 = 1 bar

Jumlahnya 12 bar. Ini salah satu versi blues standar.

Selain itu blues jaman dulu memiliki tempo yang lebih lambat, sehingga banyak orang menyukai blues sebagai musik pengantar tidur. Sekarang blues banyak yang cepat musiknya. Boleh dibilang semi rock and roll. Jika anda berbeda pendapat dengan saya, No Problem.

Mari lihat beat drumnya di bawah ini, beberapa contohnya.


gambar beat drum blues pada not balok


Jika kita perhatikan beat drum di atas, maka kita akan berkesimpulan bahwa drum musik blues adalah sederhana. Namun pada gilirannya banyak yang memadukan blues dengan jenis musik lain. Misalnya dengan musik rock, jazz dan lainnya. Sehingga musik blues menjadi tidak sederhana setelah digabungkan dengan musik yang lain, sebut saja jazz blues.

Jika anda ingin mendengar notasi di atas, silakan putar video di bawah ini.



Pada video di atas saya menggunakan Tempo 72, namun sebetulnya tidak harus 72 temponya. Maksudnya sesuaikan tempo dan beat dengan lagu/musik yang akan dimainkan.

Contoh beat drum blues ( notasi di atas ) merupakan ketukan standar dari musik blues. Jadi jika anda akan memainkan sebuah lagu blues dan anda sebagai pemain drum, pilih saja salah satu beat drum di atas, tentu saja yang sesuai dengan lagu yang akan dimainkan.

Semoga postingan ini bermanfaat.